MASYARAKAT MULAI LALAI, Covid-19 Naik Lagi di Riau, Ini Peringatan Pemerintah!

MASYARAKAT MULAI LALAI, Covid-19 Naik Lagi di Riau, Ini Peringatan Pemerintah!
Kepala DInas Kesehatan Riau Mimi Yuliani Nazir.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kasus penambahan pasien terkomfirmasi positif di Riau pada hari Jumat (2/4), bertambah sebanyak 203 kasus, yang tersebar di seluruh wilayah Riau.

Kenaikan ini merupakan angka tetinggi dalam beberapa pekan terakhir di Riau. 

Pemerintah Provinsi Riau melalaui Dinas Kesehatan  pun mewanti-wanti masyarakat Riau terkait dengan situasi tersebut. 

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, kenaikan kasus positif di Riau ini disebabkan masih banyak masyarakat yang mulai abai terhadap protokol kesehatan. Sehingga menyebabkan kasus pasien terkonfirmasi positif di Riau kembali naik dalam seminggu ini.

“Kenyataannya seperti itu, kita sudah berkali-kali mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah, dan tetap mendisiplinkan diri protokol kesehatan, pakai masker, hindari kerumunan, selali mencuci tangan, agar penyebaran kembali turun,” ujar Mimi, Jumat (2/4/2019). 

Sejauh ini, kasus terbaru dari penambah terkomfirmasi positif berasal dari klaster keluarga, karena banyaknya acara pesta, pertemuan keluarga yang tidak disiplin protokol kesehatan. Termasuk hasil screaning masyarakat yang akan berangkat dengan menggunakan pesawat, setelah diperiksa rapid antigen terdetekai positif.

“Penambahan masih dari suspek positif COVID-19, nah dari klaster keluarga juga masih banyak setelah adanya kontak erat dan dilakukan tracing, dan hasilnya juga positif. Dari hasil screaning juga banyak, setiap orang yang berangkat dengan sendirinya, terdeteksi setelah rapid antigen hasilnya positif,” ungkap Mimi.

“Yang sulit itu mendeteksi masyarakat yang berangkat keluar kota melalui jalur darat. Kita tidak tau apakah mereka positif atau tidaknya, setelah kembali. Kalau yang menggunakan pesawat yang datangkan harus ada hasil rapid antigennya jadi bisa dilihat,” kata Mimi lagi.

Kasus Covid-19 di Provinsi Riau terus mengalami kenaikan.

Tercatat pada Jumat (2/4/2021) bertepatan dengan hari libur Jumat Agung, terjadi peningkatan kasus penyebaran Covid-19.

Terjadi penambahan sebanyak 203 kasus positif, 132 pasien sembuh serta tambahan sebanyak 4 orang lagi meninggal dunia di Riau.

Angka ini terus bergerak dibandingkan dengan sehari sebelumnya, dimana kasus positif tercatat bertambah sebanyak 199 kasus, sebanyak 75 orang sembuh serta 6 orang meninggal dunia.

Dengan tambahan 203, maka total kasus positif masyarakat Riau terpapar Covid-19 sudah menembus angka 35.154.

Adapun untuk jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dengan tambahan 132 kasus hari ini, maka totalnya kini sudah sebanyak 32.805 orang.

Sementara untuk jumlah korban meninggal dunia, dengan tambahan 4 kasus hari ini, maka totalnya sudah sebanyak 861 orang meninggal di Riau.(R04/mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index