7 Jenis Teh di Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selasa, 13 April 2021 | 01:18:06 WIB
7 Jenis Teh di Indonesia dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Ket Foto : Ilustrasi teh hijau

Salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar di Indonesia dari kalangan muda hingga tua adalah teh dengan berbagai macam penyajian. Berbicara soal minuman di waktu santai ini, kini hadir teh hijau yang dapat membantu untuk program diet penurun berat badan. Sebelum membahas deretan teh hijau yang ada di pasaran, ada baiknya Anda simak jenis – jenis teh di Indonesia berikut ini.

Jenis – jenis teh dan khasiatnya bagi kesehatan

Secara umum, banyak orang menyajikan teh dalam keadaan dingin atau hangat sesuai dengan kondisi cuaca yang mendukung. Nah, berikut ini ada beberapa jenis teh yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

  • Teh hijau

Teh Hijau

Berasal dari daun yang melalui proses pengeringan, teh hijau ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh. Di antaranya yakni mencegah sel – sel kanker, mencegah diabetes, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan memperbaiki sistem pencernaan. Selain itu, teh hijau juga berguna untuk mempercantik kulit wajah, baik untuk program diet dan mencegah penuaan dini pada seseorang.

Dengan kadar rasa yang sedikit pahit, minuman teh hijau ini termasuk dalam kategori minuman kekinian sejumlah kalangan. Tak heran jika banyak orang menjadikan minuman ini sebagai program dalam menurunkan berat badan (diet).

 

  • Teh peppermint

Teh Peppermint

Berasal dari daun peppermint, teh ini dapat membantu melemaskan otot – otot pada saluran pencernaan dan mampu meredakan sakit sinus. Namun, penting untuk Anda perhatikan bahwa penderita iritasi usus harus berhati – hati ketika mengonsumsi teh yang satu ini. Sebab, mengonsumsi teh peppermint berlebihan dapat membuat sakit usus.

 

  • Teh hitam

Selain teh putih dan teh hijau, teh hitam juga berasal dari daun teh spesies yang sama. Dengan warnanya yang terbilang lebih pekat karena proses oksidasi, membuat teh ini menghasilkan kandungan kafein lebih tinggi. Sehingga, tak heran jika banyak orang menyukai teh hitam yang satu ini.

Teh Hitam

Khasiat dari teh hitam ini antara lain seperti sebagai antioksidan, menurunkan risiko jantung koroner dan lain – lain. Penting untuk Anda perhatikan agar jangan berlebihan mengonsumsi teh yang satu ini. Sebab, hal ini dapat mengakibatkan sulit tidur dan anemia.

 

  • Teh oolong

Hampir mirip dengan teh hitam, teh dengan nama unik ini memiliki proses fermentasi yang sangat cepat dan singkat. Dengan rasa yang kuat, teh oolong ini memiliki dua jenis teh yang berbeda yakni berwarna hijau dan hitam. Adapun manfaat dari kedua jenis teh oolong ini terbilang berbeda.

Teh Oolong

Umumnya, kandungan kafein pada teh oolong hijau terbilang lebih rendah ketimbang teh oolong hitam. Untuk teh warna hitam ini, memiliki kandungan kafein sebesar 30 mg kafein per cangkir.

 

  • Teh herbal

Jenis teh herbal ini umumnya menggunakan beberapa daun, akar, biji, kulit kayu dan bunga yang berkhasiat sebagai obat. Disajikan secara panas maupun dingin, teh herbal ini tidak mengandung kafein, kaya antioksidan dan memiliki kandungan vitamin C tinggi. Sehingga, sangat cocok untuk anak – anak yang sensitif terhadap kafein dan cukup aman bila Anda konsumsi setiap hari.

 

  • Teh putih

Pernahkah Anda mendengar mengenai minuman teh putih yang rupanya berasal dari daun teh yang sama dengan teh hijau? Ya, teh yang melalui proses berbeda dari teh lain ini memiliki aroma dan rasa yang cukup unik. Meski demikian, teh ini memiliki khasiat seperti mencegah infeksi kuman, menghancurkan lemak jahat, memerangi kuman dan lain – lain.

Teh Putih

  • Teh chamomile

 

Dengan bahan utama dari kelopak bunga chamomile, teh ini memiliki rasa sangat baik dan banyak digunakan sebagai minyak esensial dan pewarna. Manfaat teh chamomile yakni membuat tidur lebih nyenyak, meringankan reaksi alergi, penghangat badan ketika flu, mengurangi demam dan lain – lain.

 

Rekomendasi teh hijau bagi kesehatan

Dari banyaknya teh yang ada, Anda bisa membeli teh hijau di Blibli.com dengan beberapa rekomendasi berikut ini :

  • Mimi Tea Green Tea Curah Peko Grade 2 Teh Hijau seharga Rp 26.500 ribu.
  • Katekin Green Tea Teh Hijau Celup seharga Rp 16.000 ribu.
  • Teh Walini Teh Hijau Celup dengan harga Rp 30.000 ribu.
  • Matcha Minuman Teh Hijau Berklorofil seharga Rp 66.500 ribu.
  • Bankitwangi Teh Hijau Organik (60 gram) seharga Rp 35.000 ribu.(*)

 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS