Syamsuar Bolehkan Masyarakat Riau Mudik Lokal, Kalau Keluar Riau, Tetap Tak Boleh!

Syamsuar Bolehkan Masyarakat Riau Mudik Lokal, Kalau Keluar Riau, Tetap Tak Boleh!
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau, Syamsuar mengizinkan masyarakatnya untuk melakukan mudik Lebaran tahun 2021 ini. 

Hanya saja, mudik yang dimaksud Syamsuar bukanlah mudik antar provinsi, melainkan antar wilayah di Provinsi Riau, alias mudik lokal. 

''Mudik lokal boleh, kalau mau mudik ke Bagan (Rokan Hilir,red) boleh, kalau mau ke Salat Panjang juga boleh, yang penting masih di Riau,'' ungkap Syamsuar kepada wartawan saat ditemui Selasa (12/4/2021) lalu selepas melaksanakan salat Ashar. 

''Ingat ya, hanya untuk mudik lokal, kalau untuk mudik antar provinsi, sudah jelas aturannya, pemerintah larang, tidak dibolehkan,'' kata dia. 

''Jadi kalau misalnya mau mudik ke Sumbar, sekarang kan tidak ada yang larang, Tapi kalau nanti, tanggal 6-17 Mei, itu sudah ada aturannya, jadi tidak dibolehkan,'' imbuh dia mencontohkan. 

Sementara itu, disinggung tentang kemungkinan akan ada penyekatan oleh aparat terkait, seperti kepolisian, Syamsuar mengungkapkan itu kewenangannya ada di Kepolisian. 

Dalam kesempatan itu, Syamsuar juga menyebutkan kekhawatirannya tentang peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Riau. 

Karena itulah, dia juga mengimbau masyarakat untuk taat protokol kesehatan. 

''Ya, seperti saat salat di masjid, ikuti aturannya, maksimal 50 persen dari kapasitas ruangan. Disamping itu, kalau berada di zona merah sebaiknya tidak keluar rumah,'' ungkap dia. 

Syamsuar menjelaskan pihaknya mengkhawatirkan tidak taatnya masyarakat pada penerapan protokol kesehatan akan berdampak terhadap peningkatan kasus Covid-19. 

''Jadi ini kesadaran bersama juga penting. Tak mungkin petugas mesjid mengingatkan satu per satu orang setiap hari untuk menggunakan masker dan menjaga jarak. Jadi, masyarakat juga harus punya kesadaran mandiri,'' kata dia.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index