Sandiaga Minta 19 Kabupaten Kota Sumbar Miliki Ikon Masing-masing

Sandiaga Minta 19 Kabupaten Kota Sumbar Miliki Ikon Masing-masing
Istano Basa Pagaruyung (Foto: Jeka Kampai/detikcom)

PADANG (RIAUSKY.COM)- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta jajaran pemerintah daerah Provinsi Sumatera Barat hingga kabupaten kota dapat menunjuk ikon pariwisata dan ekonomi kreatif. Total ada 19 kabupaten kota di sana.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat mengunjungi Istano Basa Pagaruyung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat Kamis (22/4/2021). Ia menyebut semua daerahnya sangat menarik.

Ia melihat setiap daerah punya potensi masing-masing. Ada 19 kabupaten kota, dan Sandiaga Uno akan mendatangi 10 kabupaten kota.

"Saya memang melihat harus seperti di Indonesia memilih 5 destinasi wisata super prioritas. Nah saya juga akan berdiskusi dengan seluruh jajaran pemerintah daerah, menciptakan konsep, dengan SDM terbatas, kita harus bisa mengarahkan satu icon di setiap kabupaten kota," kata Sandiaga.

"Dan di Tanah Datar, Sumatera Barat ini ikonnya adalah Istana Pagaruyung," tutur Sandiaga.

Dalam kesempatan itu Sandiaga mendapatkan penjelasan dari bupati setempat bahwa DAK yang digunakan berupa DAK fisik dan DAK non fisik. Untuk DAK fisik diantaranya yakni parkiran dan kios cenderamata UMKM, sudah terlaksana 70%.

Pihak Pemkab Tanah Datar juga membangun rumah-rumah adat yang mewakili 19 kabupaten kota di Sumatera Barat yang fungsinya nanti sebagai homestay turis yang datang berlibur.

Selain Istana Pagaruyung, Sandiaga juga melihat ada destinasi Museum Tenun dan sejumlah obyek destinasi wisata lainnya yang menarik di Kabupaten Tanah Datar.

"Kami sangat mendukung rencana dan secara konkrit kita langsung mengeksekusi untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun ini seperti yang sudah disampaikan kami siapkan. Termasuk satu event berskala nasional yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara," kata dia.

Menparekraf menyebutkan pada Juli 2021 di Sumatera Barat nantinya akan ada event berjudul Festival Pesona Minangkabau.

"Sudah masuk dalam kalendar event kita. Itulah hasil kunjungan kita istana yang sesuai konsep pariwisata nature and culture. Alam terbuka dan berbudaya. Seperti yang sudah dilihat dalam Istana Pagaruyung," lanjut Sandiaga. (R02)
Sumber Berita : detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index