Pelajar Pelalawan Juara SEO Speech Kontes

Pelajar Pelalawan Juara SEO Speech Kontes
Wan Mohd Alvaro Anza

PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) – Siswa Sekolah  Menengah Pertama (SMP) Mutiara Harapan, Wan Mohd Alvaro Anza (13) berhasil meraih juara pertama dalam kegiatan Sumatera English Olympad (SEO) kategori speech yang digelar oleh Universitas Riau beberapa waktu lalu. 

 
Tak pernah terbayang dibenak siswa kelas 2 SMP itu dirinya akan berhasil memenangkan komptisi yang diikuti lebih dari 50 peserta itu.
 
Alvaro menceritakan, kompetisi SEO menjadi pengalaman pertamanya mengikuti kontes pidato berbahasa Inggris. Acara yang digelar selama dua hari itu nyatanya mampu membuat alvaro meluluhkan rasa takut dan rasa kurang percaya diri yang menempel  pada dirinnya.
 
“Kompetisi ini menjadi yang pertama bagi saya dalam kompetisi pidato berbahasa Inggris. Awalnya sedikit kesulitan karena belum terbiasa berbicara dihadapan orang banyak. Saya nervous. Tapi pada hari kedua, saya berhasil menaklukan rasa gugup saya dan kembali percaya diri. Saya yakin yang akan saya sampaikan akan bermanfaat bagi orang banyak. Saya sangat senang bisa menang,” ucap Alvaro.
 
Dalam kesempatan itu, Alvaro mengangkat dua judul dalam pidatonya yakni ‘The Important of English’ atau pentingnya berbahasa Inggris dan ‘Social Media and Our Generation’. Menurutnya, kemampuan berbahasa Inggris harus bisa dimiliki oleh setiap orang, terutama para generasi muda yang ada di Sumatera. Melalui ide itu, Alvaro meyakini topik tersebut bisa membawanya menjadi juara.
 
“Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran favorit saya. Bahkan, kemarin saat saya menyerahkan naskah pidato, ada salah satu juri yang bertanya apakah naskah pidato yang saya sampaikan dibuat oleh guru Bahasa Inggris saya. Saya pun dengan tegas menjawab tidak,” ucap anak kedua dari tiga bersaudara itu.
 
Kemampuan berbahasa Inggris Alvaro pun mendapatkan acungan jempol dari para juri yang merupakan lulusan almamater UR tahun 2009. Penanggung jawab speech kontes SEO, Eni Listia Barubu, menuturkan Alvaro telah berhasil meraih nilai tertinggi dari kriteria yang diajukan.
 
“Alvaro berhasil menyampaikan dengan baik apa yang ingin dia sampaikan. Konten yang dia sampaikan juga sesuai dengan judul speech. Kedua, contoh dari speech yang dia sampaikan pun tepat. Kadang ada adik kita yang menyampaikan contoh yang tidak sesuai dengan topik yang diangkat,” ujar mahasiswa Fakultas FKIP Jurusan Bahasa Inggris itu.
 
Eni juga mengatakan, kecepatan Alvaro saat melakukan pidato sangat baik dan pemilihan kata mudah dimengerti oleh pendengar. “Grammar, gesture dan juga eye contact Alvaro sangat baik. Begitu juga dengan sumber data yang dia gunakan. Semoga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Eni. 
 
Dukungan prestasi juga disampaikan guru pendamping Alvaro yang tak lain adalah guru Bahasa Inggrisnya, John Karim Shah Pemberton. Pria berkulit hitam asal Kanada itu bahkan mengatakan naskah yang dia buat tidak sebagus Alvaro. 
 
“Kemampuan Alvaro sangat baik. Kita tidak mengirimkan siswa terbaik, tetapi kita mengirimkan siswa yang mau belajar dengan lebih baik. Mereka harus berhasil menaklukan rasa takut mereka karena rasa takut itu yang membuat mereka berkembang. Itu lah tantangan yang harus dilalui,” ujar guru yang akrab dipanggil Shah itu.
 
Kepala Sekolah SMP Mutiara Harapan, Fabien Rousselot, mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Alvaro. Dia berharap prestasi yang diraih oleh Alvaro bisa terus meningkat dan membawa sekolah yang berada dibawah naungan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini berjaya di peringkat 25 besar dunia. 
 
“Kita selalu mendukung setiap siswa untuk terus mengembangkan diri mereka lebih baik. Terkadang dalam sebuah kompetisi itu ada yang menang, ada yang tidak. Saya sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Alvaro. Saya ingin sekolah ini masuk dalam peringkat 25 besar dunia nantinya,” ujar Fabien. (R02/RLS)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index