Harga Sawit Riau Naik Pekan Ini

Harga Sawit Riau Naik Pekan Ini
Ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit periode 05 – 11 Mei 2021 tahun 2021 mengalami kenaikkan pada setiap kelompok. Kenaikkan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 10,62/Kg atau mencapai 0,42% dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.517,13/Kg.

Kepala dinas perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, kenaikkan harga TBS ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal naiknya harga TBS periode ini disebabkan oleh terjadinya kenaikkan dan penurunan harga jual CPO dan kernel dari beberapa perusahaan yang menjadi sumber data.

"Sementara dari faktor eksternal, naiknya harga TBS minggu ini karena harga  kontrak pengiriman Juli yang aktif ditransaksikan di Bursa Malaysia Derivatif Exchange melesat 4,58% ke RM 4.045/ton pada Senin (3/5/2021)," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, harga CPO kembali tembus level psikologis RM 4.000/ton. Harga minyak sawit diprediksi tetap kuat hingga paruh pertama tahun ini akibat ketatnya suplai.

"Ekspor minyak sawit Negeri Jiran terpantau mengalami kenaikan 10,1% di bulan April dibanding bulan sebelumnya menjadi hampir 1,4 juta ton," jelasnya. (mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index