Objek Wisata di Bandung Barat Tutup

Jumat, 07 Mei 2021 | 13:38:12 WIB
Objek Wisata di Bandung Barat Tutup
Ket Foto : Ilustrasi virus Corona (Ilustrasi: Edi Wahyono)

BANDUNG (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) resmi menutup objek wisata yang ada di Bandung Barat, terutama kawasan wisata Lembang saat Lebaran selama satu pekan ke depan terhitung mulai 7 hingga 14 Mei 2021.

Penutupan objek wisata tersebut merupakan buntut dari kembali masuknya wilayah Bandung Barat ke zona merah atau risiko tinggi penyebaran COVID-19. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat Heri Partomo mengatakan penutupan objek wisata tersebut sudah sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat.

"Resmi kita tutup (objek wisata). Alasan utamanya karena Bandung Barat masih zona merah COVID-19, jadi mau tidak mau sesuai pusat, kita harus tutup objek wisata di KBB selama seminggu," ujar Heri, Jumat (7/5/2021).

Heri menyebut penutupan objek wisata selama sepekan ke depan bakal mengikuti hasil evaluasi zona wilayah terbaru yang keluar setiap pekan. Jika masih bertahan di zona merah, penutupan kemungkinan akan diperpanjang.

"Kalau membaik kita keluarkan lagi kebijakan baru soal wisata. Tapi kalau masih merah, mau tidak mau perpanjang lagi, kita upayakan selama seminggu. Tapi mudah-mudahan segera membaik," ucap Heri.

Heri mengaku pihaknya juga mempertimbangkan kondisi pelaku wisata dan UMKM yang ada di sekitarnya yang saat ini dalam kondisi setengah terpuruk akibat pandemi COVID-19. "Kita lihat juga pemulihan sektor ekonomi. Selama COVID-19 bisa dibilang wisata sudah setengah terpuruk. Kalau ditutup terus padahal rencananya libur lebaran dibuka untuk pemulihan ekonomi, mungkin lebih terpuruk lagi. Intinya Kita berharap ada peningkatan tingkat kesembuhan dan kasus menurun," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud KBB, David Oot, menambahkan jika pihaknya sudah mengedarkan Surat Edaran (SE) penutupan destinasi wisata tersebut ke pengelola wisata se-KBB. "Sudah diinformasikan dan mereka (pengelola wisata) legowo karena memang kondisinya karena COVID-19 juga. Kementerian Pariwisata sebenarnya menyerahkan ke Pemda masing-masing dalam hal penutupan destinasi wisata. tap melihat level zona merah dan instruksi Kapolri, akhirnya ditindaklanjuti dengan penutupan," tutur David. (R03)
Sumber Berita : detik.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS