Hasil Sidang Isbat, 1 Syawal 1442 Hijriyah Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021

Hasil Sidang Isbat, 1 Syawal 1442 Hijriyah Jatuh pada Kamis 13 Mei 2021
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriyah jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Keputusan tersebut diumumkan Kamis (11/5/2021) malam setelah sidang Isbat yang melibatkan Majelis Ulama Indonesia, Ormas-ormas Islam, pakar  maupun mendengarkan laporan langsung dari pemantauan Hilal yang dilaksanakan di 88 titik di 34 provinsi yang sudah ditetapkan.

''Ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi di bawah ufuk antara minus 5 derajat 36 menit sampai dengan minus 4 derajat 39 menit,'' ungkap Menteri Agama.

Dijelaskan Yaqut, Kementerian Agama menggunakan dua metode, yakni hisab dan rukyat atau melihat langsung.

''Hisab sudah dikonfirmasi dari 88 titik di 34 provinsi dari aceh hingga Papua. Di seluruh Indonesia dan dari 88 titik itu, tidak ada yang melihat hilal. Oleh karena itu, berdasarkan hisab posisi hilal minus  dan secara rukyat hilal tidak terlihat,'' jelas dia. 

Karena itulah, sebut Yaqut,  penetapan 1 syawal diistikmalkan (digenapkan 30 hari,red)) sesuai dengan hasil sidang isbat.

''Ini, sidang isbat yang baru saja  kita laksanakan dan disepakati bersama dan  tentu kita berharap mudah-mudahan  dengan hasil sidang Isbat ini, seluruh umat Islam di Indonesia dapat merayakan Idul Fitri secara bersama-sama. 

Mudah- udahan ini adalah simbol cerminan kebersamaan umat islam Indonesia. kebersamaan yang mudah-mudahan menjadi wujud dari kebersamaan kita sebagai sesama anak bangsa untuk juga menata masa depan bangsa yang lebih baik secara bersama-sama.

Penjelasan lebih detail juga disampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Jaidi.

Abdullah Jaidi  menjelaskan, ''Dari seluruh almanak ormas-ormas islam dan para seluruh perhitungan ahli hisab bahwa pada malam hari ini belum terjadi istimak, pada malam hari ini tidak terjadi, bahwa bulan masih jauh di bawah ufuk, sehingga diistikmalkan puasa kita ini --digenapkan 30 hari-- berarti Idul Fitri kita, Insya Allah 1 Syawal akan jatuh pada hari kamis 13 Mei 2021,'' tegas dia.

''Majelis Ulama Indonesia turut mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 hijriyah yang jatuh pada hari Kamis, 13 Mei 2021. Kami mengucapkan Taqobbalallah Minna Wa minkum, Minal Aidin wal Faizin, mihon maaf lahir dan bathin,'' ugkap KH Abdullah Jaini. (R04) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index