Siapa Sangka, Ternyata Ada Banyak Manfaat ASI untuk Mandi Bayi

Rabu, 12 Mei 2021 | 12:00:30 WIB
Siapa Sangka, Ternyata Ada Banyak Manfaat ASI untuk Mandi Bayi
Ket Foto :

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Punya stok ASI perah (ASIP) berlebih? Jangan dulu dibuang, Bun. Ada banyak manfaat ASI untuk mandi bayi, lho. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa ASI dapat memelihara kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah kulit yang umum terjadi pada bayi.

Manfaat ASI untuk kesehatan bayi memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Nutrisi yang terkandung pada air susu ibu dapat membentuk imunitas tubuh bayi, sehingga ia lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab penyakit. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, bayi pun akan lebih jarang sakit.

Tak hanya itu, ASI juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang dan memelihara kesehatan kulit bayi.

Berbagai Manfaat ASI untuk Mandi Bayi

ASI mengandung beragam nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan zat antibodi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit bayi. Berikut adalah berbagai manfaat memandikan bayi dengan ASI:

1. Meredakan eksim

Eksim pada bayi bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor keturunan, cuaca, hingga lingkungan. Selain dengan rutin menggunakan pelembap, eksim pada bayi bisa diredakan dengan cara mandi ASI, lho.

Penelitian menunjukkan bahwa ASI dinilai memiliki efektivitas yang hampir sama dengan obat antiradang, seperti hidrokortison, dalam mengobati eksim ringan.

Selain baik untuk meredakan dan mencegah munculnya gejala eksim, kandungan asam palmitat, asam laurat, dan asam oleat pada air susu ibu juga baik untuk melembapkan kulit bayi.

2. Meredakan ruam pokok

Ruam popok adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami oleh bayi. Meski tergolong tidak berbahaya, kondisi ini sering kali membuat bayi menjadi rewel.

Untuk mengatasi kulit Si Kecil yang meradang karena ruam popok, Bunda bisa memandikannya dengan ASI. Efek ini hampir sama dengan manfaat mandi ASI untuk eksim pada bayi.

3. Mengatasi jerawat bayi

Pengaruh hormon ibu di akhir masa kehamilan atau efek samping obat-obatan tertentu dapat memicu munculnya jerawat pada bayi. Biasanya, jerawat ini akan hilang dalam beberapa minggu atau setelah berbulan-bulan.

Untuk membantu mengatasinya, Bunda bisa memandikan Si Kecil dengan ASI. Ini karena ASI memiliki zat yang bersifat antibakteri dan antiradang sehingga dapat membantu menghilangkan jerawat. Ingat, ya, Bun. Jangan memencet jerawat di kulit Si Kecil karena dapat memperparah kondisinya.

4. Meredakan luka akibat gigitan serangga

Gigitan serangga dapat memicu kulit bayi untuk mengalami bentol dan ruam. Hal ini bisa membuatnya merasa tidak nyaman dan rewel. Untuk meredakannya, cobalah mandikan Si Kecil dengan ASI. Ini karena ASI mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan efek gigitan serangga pada bayi.

5. Membersihkan cradle cap

Kulit kepala bayi rentan mengalami cradle cap. Ketika mengalami kondisi ini, kulit kepalanya akan tampak kering dan bersisik. Kondisi ini normal terjadi dan tidak berbahaya. Namun, untuk membantu membersihkan dan melembapkan kulit Si Kecil yang mengalami cradle cap, Bunda bisa memandikannya dengan ASI.

Cara Memandikan Bayi dengan ASI

aru diperah atau stok di dalam freezer. Sebelum dibuat mandi, ASI yang masih beku harus dihangatkan terlebih dahulu.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara memandikan Si Kecil dengan ASI:

-Tambahkan 150–350 mL ASI pada bak mandi yang berisi air hangat.

-Mandikan Si Kecil pada bak mandi tersebut selama 5–15 menit. Percikkan campuran air hangat dan ASI ke seluruh tubuh Si Kecil dan fokuskan pada kulit tubuhnya yang teriritasi.

-Setelah selesai, tubuh Si Kecil tidak perlu dibilas. Cukup tepuk-tepuk lembut dengan handuk hingga tubuhnya kering.

-Setelah itu, pijat tubuh Si Kecil dan oleskan pelembap khusus kulit bayi sensitif untuk mengunci kelembapan kulit.

Itulah manfaat ASI untuk mandi bayi yang sayang jika dilewatkan. Bunda bisa menerapkan metode ini kepada Si Kecil 1–2 kali dalam seminggu. Tak perlu ASI yang baru diperah, ASI yang sudah kedaluwarsa pun bisa dibuat mandi selama belum muncul aroma tidak sedap.

Penting untuk diingat bahwa mandi ASI bukanlah pengobatan utama untuk mengatasi masalah kulit bayi. Jika iritasi pada kulit Si Kecil sudah tergolong parah dan tidak kunjung membaik setelah dimandikan dengan ASI, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. (R02)
Sumber Berita : alodokte.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS