Harga CPO Melemah Pengaruhi Turunnya Harga Sawit Riau Pekan Ini

Harga CPO Melemah Pengaruhi Turunnya Harga Sawit Riau Pekan Ini

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Harga kelapa sawit periode 02 – 08 Juni 2021 di tahun 2021 mengalami penurunan pada setiap kelompok umur. Jumlah penurunan terbesar terjadi pada kelompok umur 10 - 20 tahun sebesar Rp 102,26/Kg dari harga minggu lalu. Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan turun menjadi Rp 2.527,97/Kg.

Kepala dinas perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, penurunan harga sawit ini karena harga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) jeblok ke bawah 4.000 ringgit (RM) per ton di pekan ini.

"Malaysia yang resmi menerapkan lockdownmemberikan tekanan bagi minyak nabati ini. Melansir data Refinitiv, pada Selasa (1/6/2021) harga CPO kontrak Agustus di Bursa Derivatif Malaysia pagi tadi jeblok 1,7% ke RM 3.852/ton," katanya.

Level tersebut merupakan yang terendah sejak 20 April lalu.  Minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) hari ini naik lebih dari 2%, sementara Brent 1,4%. Minyak nabati seperti CPO banyak digunakan sebagai bahan baku biodiesel yang merupakan produk substitusi bahan bakar fosil.

"Ketika harga minyak naik, ada  kecenderungan harga minyak nabati juga ikut terangkat. Tetapi hari ini, CPO masih turun meski harga minyak mentah naik tajam," jelasnya.  (mcr)

 

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index