Bersama Prabowo dan Ganjar, Anies Masuk 3 Besar Capres dengan Elektabilitas Tertinggi

Bersama Prabowo dan Ganjar, Anies Masuk 3 Besar Capres dengan Elektabilitas Tertinggi
Prabowo dan Anies

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam tiga sosok kepala daerah yang berpeluang menjadi calon Presiden (capres) di Pemilu 2024 mendatang.

Berdasarkan Arus Survei Indonesia yang dirilis pada hari ini, Selasa (8/6/2021), Anies berada diurutan kedua dengan elektabilitas mencapai 19,9%.

Sementara itu, hasil survei dari klaster kepala daera diungguli Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 21,4%. 

Adapun diurutan ketiga diisi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan elektabilitas 10,4%.

Sedangkan nama Capres lainnya dari kluster kepala daerah yakni Khofifah Indar Parawansa (10,2%), Edy Rahmayadi (7,9%), Murad Ismail (3,0%), Zulkifliemansyah (2,5%), I Wayan Koster (2,5%) dan Isran Noor (2,3%), Wahidin Halim (1,3%), dan Sutarmidji (1,0%).

Sementara itu dalam klaster kepala daerah masih ada 17,6% responden yang belum menjawab atau belum menentukan pilihannya.

Arus Survei Indonesia juga menyimpulkan Anies berada diurutan ketiga capres dengan elektabilitas tertinggi jika Pemilu 2024 dilakukan sekarang.

Prabowo menjadi kandidat capres terkuat dengan elektabilitas mencapai 12,5%, disusul Ganjar Pranowo dengan elektoral mencapai 11,3%, dan Anies mendapatkan elektabilitas 9,3%, disusul Menparekraf Sandiaga Uno dengan angka 8,3%.

Survei ini dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Indonesia dengan metode penarikan sampel adalah Multistage Random Sampling. Jumlah responden yakni 1000 responden dengan margin of error +/- 3.10% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan data survei pada 1-7 Mei 2021. Survei dilakukan dengan cara telesurvei, yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. 

Nomor telpon responden dalam survei ini didapat dari database survei tatap muka lembaga Arus Survei Indonesia dalam rentang tiga tahun terakhir, yakni sejak 2018 hingga 2020.(R04)

Sumber Berita: okezone.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index