Kontrak di Blok Rokan Berakhir Beberapa Hari Lagi, Chevron Gelar Perpisahan dengan Staf

Kontrak di Blok Rokan Berakhir Beberapa Hari Lagi, Chevron Gelar Perpisahan dengan Staf
Ilustrasi Chevron./ Sumber Foto: REUTERS/Marco Bello/cnbcindonesia

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Seminggu menjelang alih kelola Wilayah Kerja (WK) Rokan, PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) menyelenggarakan acara virtual untuk mengapresiasi seluruh karyawannya atas kerja keras dan dedikasi mereka di dalam mengoperasikan WK Rokan secara selamat dan andal.

Kegiatan ini dilaksanakan selaras dengan terminasi akhir masa kontrak pada 8 Agustus mendatang dan perpindahan mayoritas karyawan ke operator berikutnya, yaitu PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Acara yang dihadiri oleh segenap tim manajemen, baik dari PT Chevron Pacific Indonesia maupun dari korporasi pusat, menampilkan sejarah panjang Chevron di Indonesia dan kontribusi terhadap masyarakat khususnya di Provinsi Riau.

Turut hadir dalam memberikan sambutan penyemangat adalah mantan direksi PT CPI yaitu Baihaki Hakim, Humayunbosha, Suwito Anggoro dan Abdul Hamid Batubara yang menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih.

"Wilayah Kerja Rokan merupakan aset strategis yang penting bagi penerimaan negara dan daerah, perekonomian masyarakat, serta ketahanan energi nasional. Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dapat mengelola aset ini dengan baik," kata Albert Simanjuntak, Managing Director Chevron IndoAsia Business Unit & Presiden Direktur PT CPI, seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Senin (02/08/2021).

"Terima kasih atas dedikasi dan kinerja puluhan ribu karyawan PT CPI, termasuk para pensiunan, atas bakti mereka kepada perusahaan selama bertahun-tahun demi menghasilkan energi untuk bangsa dan negara. Catatan keunggulan prestasi PT CPI selama ini merupakan jerih payah dan komitmen para karyawan," tuturnya.

Albert berharap nilai-nilai dan kualitas yang dimiliki karyawan, seperti integritas, disiplin dalam mengutamakan keselamatan, menghargai keberagaman, perlindungan terhadap lingkungan dan manusia dan kemitraan yang terjalin baik dengan para pemangku kepentingan dapat diterapkan sehingga terus memberikan manfaat dan keberhasilan di mana pun para karyawan PT CPI berada di masa depan.

PT CPI juga berupaya memastikan kesiapan lebih dari 2.700 pegawainya menjelang bergabung dengan PHR. PT CPI telah menyiapkan kapabilitas organisasi seperti menggelar berbagai forum komunikasi dan program pembekalan berupa persiapan teknis transisi, pengembangan mental yang positif menghadapi perubahan, hingga pengelolaan finansial.

"Kinerja WK Rokan yang kokoh selama ini tidak lepas dari faktor sumber daya manusia di belakangnya, yakni para pegawai dengan keahlian, budaya dan etos kerja yang telah tertanam. Kami optimistis bahwa mereka akan mampu mempertahankan kinerja WK Rokan dan dapat berkontribusi signifikan bagi perusahaan yang baru," tegas Albert.

Blok Rokan kini merupakan blok minyak terbesar kedua di Indonesia, setelah Blok Cepu yang dioperasikan ExxonMobil Indonesia.

SKK Migas mencatat produksi terangkut (lifting) minyak Blok Rokan pada semester I 2021 ini rata-rata mencapai 160.646 barel per hari (bph) atau 97,4% dari target di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar 165.000 bph.

Berdasarkan data SKK Migas, Blok Rokan telah diproduksi sejak 1951 atau sudah sekitar 70 tahun lamanya.

SKK Migas mencatat, sejak mulai beroperasi pada 1951 sampai Agustus 2021 mendatang, minyak yang diproduksi dari Blok Rokan ini mencapai 11,69 miliar barel.(R04)

Sumber Berita: cnbc indonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index