PAN soal Kemungkinan Masuk Kabinet: Itu Hak Presiden Jokowi

PAN soal Kemungkinan Masuk Kabinet: Itu Hak Presiden Jokowi
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi./ Sumber Foto: jambilink

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- PAN resmi bergabung dengan koalisi pemerintah usai pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para petinggi partai beberapa hari lalu. 

PAN lantas buka suara terkait kemungkinan masuk ke kabinet usai bergabung dengan koalisi pemerintahan.

"Tentang komposisi dan posisi PAN di kabinet setelah secara resmi PAN menjadi partai koalisi pemerintah. Hal itu telah menjadi kewenangan dan Hak Prerogatif Presiden Jokowi," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, dilansir dari detik.com, Jumat (27/8/2021).

Viva mengatakan pihaknya menghormati kewenangan Presiden berkaitan dengan kabinet pemerintah. Dia pun memastikan mengembalikan kemungkinan tersebut kepada Presiden Jokowi.

"PAN menghormati kewenangan khusus presiden sebagaimana termaktub di Pasal 17 UUD 1945. PAN menghormati fatsun berpolitik sehingga semuanya dikembalikan kepada kebijakan presiden," ucapnya.

Lebih lanjut, Viva menyebut sejak Februari 2020, pihaknya juga selalu mendukung pemerintah berkaitan dengan kebijakan ekonomi meski tidak berada dalam kabinet. 

Namun demikian, dia mengatakan PAN bisa lebih membantu jika bisa bergabung ke dalam pemerintahan.

"Iya benar (bisa lebih membantu). Bahkan sejak pasca kongres PAN Februari 2020, PAN tetap mendukung kebijakan pemerintah, terutama untuk program pemberdayaan rakyat, kebijakan afirmasi ekonomi untuk UMKM, pendidikan dan kesehatan, serta semua program pemenuhan hak hidup rakyat," ujarnya.

Untuk diketahui, para petinggi partai politik koalisi Jokowi bertemu sang presiden di Istana kemarin. Ketum PAN Zulkifli Hasan merupakan satu dari tujuh ketum parpol yang bertemu Jokowi dalam pertemuan sore hari tersebut.

Malam harinya, PAN diperkenalkan menjadi sahabat baru koalisi parpol pendukung Jokowi.

"Sahabat baru koalisi, Ketua Umum PAN Bapak Zulkifli Hasan, didampingi oleh Sekjen Bapak Eddy Soeparno. Sahabat baru kami dalam koalisi, semakin memperkuat dan semakin memperkaya gagasan-gagasan dan pandangan-pandangan serta ide-ide baru dalam rangka melanjutkan pemerintah dan mengisi demokratisasi di Indonesia," kata Sekjen NasDem Johnny G Plate di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan.(R03)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index