Partai Golkar Tunjuk Lodewijk F Paulus Gantikan Azis Syamsuddin

Partai Golkar Tunjuk Lodewijk F Paulus Gantikan Azis Syamsuddin
Sekjen Golkar Lodewijk (belakang) mendampingi Airlangga./Sumber Foto: Zunita/detikcom

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, menyerahkan surat berisi nama pengganti Azis Syamsuddin untuk jabatan Wakil Ketua DPR bidang politik dan keamanan. 

Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus ditunjuk menggantikan Azis.

Surat perihal nama pengganti Azis diserahkan langsung oleh Airlangga kepada Ketua DPR Puan Maharani, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021) pukul 16.30 WIB. 

Airlangga didampingi Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Kahar Muzakir dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar DPR Adies Kadir.

"Partai Golkar telah memutuskan untuk menunjuk saudara Haji Lodewijk F Paulus sebagai calon Wakil Ketua DPR menggantikan saudara Azis Syamsuddin," kata Airlangga saat konferensi pers.

Airlangga mengatakan pemilihan Lodewijk telah melewati berbagai mekanisme di internal Golkar. 
Mekanisme yang dilalui, mulai dari rapat pleno hingga konsultasi ke senior-senior Golkar.

"Terkait dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar, kami sudah lakukan rapat pleno terbatas dan pleno harian, sehingga proses di internal sudah sesuai mekanisme yang berlaku. Kami juga telah konsultasi dengan senior Partai Golkar di Dewan Pembina, Dewan Pakar," ungkapnya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga menjelaskan  alasan memilih Lodewijk F Paulus sebagai pengganti Azis Syamsuddin di kursi Wakil Ketua DPR RI. 

Ada 2 alasan yang membuat Airlangga memilih Lodewijk.

"Tentunya dari di partai politik, dari segi ranking senioritas adalah nomor dua adalah Sekjen. Kedua, Pak Lodewijk sudah ada berada di dalam Komisi I yang salah satunya adalah Korpolhukam," kata Airlangga kepada wartawan, di Kompleks DPR RI, Rabu (29/9/2021).

Airlangga menyebut keputusan memilih Lodewijk ini juga sudah melalui komunikasi dengan senior-senior Partai Golkar. 
Mulai dari Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie hingga Penasehat Golkar Luhut Binsar Pandjaitan, kata dia, juga dimintai pendapat.

"Ini sudah dikomunikasikan dengan seluruh senior-senior Partai Golkar dan pembahasan itu sudah berproses cukup lama. Jadi sudah pembahasan dengan Ketua Dewan Pembina Pak Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Pakar Pak Agung Laksono, Ketua Dewan Kehormatan Bapak Akbar Tanjung, dan juga Penasihat Luhut Binsar Pandjaitan," ucapnya.

Tak hanya itu, Airlangga menyebut segala mekanisme internal Partai Demokrat sudah dilakukan terkait pemilihan Lodewijk. Dia mengatakan beberapa sidang pleno juga sudah dijalankan Partai Golkar.

"Dan ini juga dibahas-bahas di sidang harian terbatas, dan dibahas di dalam sidang pleno. Jadi berbagai pertimbangan sudah diterima," ujarnya.(R04)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index