Sering Ragu Garis Samar pada Test Pack, Apakah Saya Hamil?

Sering Ragu Garis Samar pada Test Pack, Apakah Saya Hamil?
Garis samar pada test pack, apakah artinya?/ Sumber Foto: liputan6.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Saat telat haid, melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack jadi salah satu kunci untuk menjawab kegundahan. 

Namun, ada kalanya hasil test pack tersebut tidak jelas atau samar. 

Apa sebenarnya arti garis samar pada test pack? Apakah Anda sebenarnya hamil atau tidak? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

Beragam arti dari garis samar pada test pack

Salah satu tanda kehamilan yang bisa Anda rasakan adalah telat haid atau menstruasi.

Maka dari itu, sebagian besar wanita biasanya melakukan tes kehamilan setelah menyadari bahwa ia mengalami terlambat haid yang cukup lama.

Mengutip dari Mayo Clinic, sebaiknya Anda menunggu untuk melakukan tes kehamilan sampai hari pertama menstruasi benar-benar terlewat.

Hal ini perlu Anda lakukan untuk memastikan bahwa hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam tubuh sudah memasuki aliran darah dan urine agar terdeteksi.

Saat pembuahan, sel telur sudah menempel pada lapisan rahim, plasenta akan membentuk dan menghasilkan hormon hCG.

Pada masa awal kehamilan, hormon hCG mengalami peningkatan dengan cepat hingga dua kali lipat.

Walaupun garis tanda positif sudah muncul pada alat test pack, ada kalanya satu garis jelas sedangkan satu garisnya lagi terlihat samar.

Berikut adalah beberapa kemungkinan saat hasil test pack garis kedua terlihat samar, di antaranya adalah:

 

1. Positif hamil

Meskipun salah satu garis pada test pack terlihat samar, peluang kehamilan tetap ada.

Dalam kasus ini, hasil garis atau tanda yang samar di dalam tubuh terjadi karena kadar hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin hormone (hCG), masih tergolong rendah.

Seperti penjelasan di atas, sebaiknya Anda menunggu untuk melakukan tes agar konsentrasi hormon hCG sudah benar-benar meningkat.

Kalau sudah terlanjur melakukan tes, Anda bisa mencobanya kembali beberapa hari kemudian.

 

2. Garis penguapan urine

Pastikan bahwa Anda sudah mengikuti instruksi yang tepat saat melakukan tes kehamilan. 

Tidak menutup kemungkinan hasil garis test pack samar tersebut hanyalah penguapan dari urine.

Garis penguapan pada tes kehamilan muncul saat urine menguap setelah jangka waktu tertentu. 

Ini merupakan bagian dari proses test pack, tetapi berbeda dengan hasil garis seharusnya.

Sebagian besar garis tanda kehamilan pada alat tes akan muncul 5 hingga 10 menit. Apabila lewat dari waktu tersebut, dapat dikatakan itu adalah garis penguapan urine.


3. Mengalami keguguran

Selain kehamilan, hasil garis kedua yang samar pada test pack juga dapat menjadi salah satu tanda kehamilan kimiawi atau biasa disebut keguguran dini.

Kondisi ini dapat terjadi karena adanya kelainan sel telur pada saat proses pembuahan.

Mengapa saat keguguran hasil test pack garis kedua terlihat samar? Hal ini terjadi karena kemungkinan dalam tubuh Anda masih tersisa hormon kehamilan walaupun hanya sedikit.

Lalu, selain keguguran, ada kemungkinan pula hasil test pack satu garis jelas sedangkan satu garis samar karena kondisi lainnya seperti kehamilan ektopik serta masalah pada ovarium Anda.


4. Masalah lainnya

Penyebab lainnya sehingga dapat membuat hasil garis samar adalah alat test pack yang rusak hingga kedaluwarsa.

Perhatikan kembali alat tes kehamilan yang Anda miliki sebelum menggunakannya karena bisa menjadi salah satu kesalahan penggunaan test pack.

Tak hanya itu saja, obat kesuburan atau obat lainnya dengan kandungan hCG juga bisa memengaruhi hasil tes seperti garis samar.

Selain itu, obat kesuburan atau pil KB menjadi juga kerap menjadi penyebab hasil test pack samar meski jarang terjadi.

Apa yang harus Anda lakukan saat muncul garis samar pada test pack?

hal yang dilakukan saat mengalami garis samar pada test pack

Apabila Anda tidak merasa yakin dengan hasil test pack pada garis kedua yang terlihat samar, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ulang.

Namun, sebaiknya lakukan tes dalam beberapa hari untuk memberikan jeda sekaligus memastikan tubuh memang sedang memproduksi hormon hCG.

Jika pada beberapa hari setelahnya Anda juga tidak mengalami menstruasi tetapi hasil test pack tetap samar, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Mungkin dokter akan melakukan test USG untuk memastikan kehamilan Anda apakah benar di rahim dan apakah sudah mulai terlihat kantong gestasi.

Ini perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Apalagi, selain melakukan tes urine, dokter juga bisa melakukan tes darah untuk memastikan kehamilan.

Begitu juga saat tes kehamilan menunjukkan hasil negatif tetapi Anda tidak juga mengalami menstruasi. Periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan jawaban yang tepat.(R02)

Sumber Berita: Hellosehat.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index