Sisik Naga, Penumpang dengan Puluhan Manfaat untuk Kesehatan...

Selasa, 12 Oktober 2021 | 06:51:48 WIB
Sisik Naga, Penumpang dengan Puluhan Manfaat untuk Kesehatan...
Ket Foto : Tanaman sisik naga./internet

RIAUSKY.COM- Namanya Sisik naga, dia  adalah tanaman yang mudah ditemukan di seluruh daerah  tropis basah.

Sisik naga merupakan tumbuhan epifit (tumbuhan yang menumpang pada pohon lain), tetapi bukan parasit karena dapat membuat makanan sendiri. 

Sisik Naga (Pyrrosia piloselloides) adalah salah satu dari beberapa jenis tumbuhan paku epifit. 

Tumbuhan ini biasa dijumpai di tempat-tempat berelevasi rendah sampai tinggi, merambat pada batang pohon atau dinding rumah yang tak terawat. 

DIlansir dari cybex.pertanian.go.id, sisik naga mempunyai beberapa nama di daerah-daerah di Indonesia. seperti picisan, sakat ribu-ribu (Sumatera), pakis duwitan (Jawa), paku duduwitan (Sunda), pispisan (Bali). 

Berbeda dengan parasit, epifit dapat sepenuhnya mandiri, lepas dari tanah sebagai penyangga dan penyedia hara bagi kehidupannya, maupun dari hara yang disediakan tumbuhan lain. 

Air diperoleh dari hujan, embun, atau uap air. Hara mineral diperoleh dari debu atau hasil dekomposisi batang serta sisa-sisa bagian tumbuhan lain yang terurai. 

Meskipun tidak “mencuri” hara dari tumbuhan yang ditumpanginya, epifit dapat menjadi pesaing terhadap ketersediaan cahaya. 

Akar epifit kadang-kadang juga menutupi dan menembus batang pohon yang ditumpangi sehingga merusak keseimbangan fisiologi tumbuhan inangnya.

Tanaman ini paling banyak sekali ditemukan utamanya menumpang  pada pohon mangga, rambutan, jambu air dan jenis pohon lainnya. 

Sejauh ini, banyak masyarakat belum paham bahwa pohon ini bisa dijadikan obat herbal. 

Sisik naga memiliki kandungan kimia seperti saponim, polifenol, minyak asiri, triterpen/sterol, fenol, plavonoid, gula, dan tanin. 

Tanaman ini bersifat manis, tawar, dan sejuk. Khasiatnya sebagai antiphloogistik, antitoksik, dan peluruh dahak. 

Bagian Tanaman yang Digunakan dan Pemanfaatannya 

Seluruh tanaman sisik naga, baik segar maupun dikeringkan.

 Sisik naga memiliki rasa yang manis, sedikit pahit dan dingin. Kegunaannya untuk mengatasi beragam penyakit sebagai berikut.  

1. Mengobati gondongan (parotitis), TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening (skrofuloderma), kencing nanah (gonore), batuk, abses paru-paru, TB paru disertai batuk darah.

Selain itu, sisik naga juga bisa digunakan untuk menyembuhkan  perdarahan, seperti luka berdarah, mimisan, berak darah, muntah darah, perdarahan pada perempuan, rematik, keputihan (leukore), dan kanker payudara.

Cara membuatnya  adalah dengan cara merebus daun sisik naga sebanyak 15-60 g daun, lalu airnya diminum. 

Kemudian untuk pemakaian luar, menggunakan air rebusan herba segar untuk mencuci kudis, koreng, atau berkumur bagi penderita sariawan dan radang gusi. 

Atau bisa juga dengan menggiling herba segar hingga halus, lalu bubuhkan ke tempat yang sakit pada penyakit-penyakit kulit, seperti kudis, kurap, radang kulit bernanah, radang kuku, atau luka berdarah.

2). Penyakit radang gusi (gingivitis)

Cara membuatnya   dengan mencuci daun sisik naga secukupnya sampai bersih, lalu kunyah. Biarkan kunyahan tersebut cukup lama di bagian gusi yang meradang. Selanjutnya, buang ampasnya. Lakukan 3-4 kali sehari, sampai sembuh.

3). Penyakit rematik jaringan lunak (nonartikuler)

Cara membuatnya   dengan mencuci 15-30 g daun sisik naga segar, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

4). Sakit kuning (jaundice)

Cara membuatnya   dengan mencuci 15-30 g daun sisik naga segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin, saring dan minum sehari 3 kali, masing-masing 1/2 gelas.

5). Sariawan

Cara membuatnya   dengan mencuci 1 genggam daun sisik naga sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit. Gunakan air saringannya untuk berkumur selagi hangat.

6). Menghentikan perdarahan

Cara membuatnya   dengan mencuci 30 g daun sisik naga segar, lalu giling sampai halus. kemudian peras, saring dan diminum airnya. Lakukan 3 kali sehari sampai sembuh.

Cukup banyak manfaat sisik naga yang bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit. Jadi, bila menemukannya, bisa dicoba khasiatnya sebagai tanaman herba.(R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS