Heboh Uang Kertas 1 Juta Rupiah, Ini Kata BI dan Peruri

Heboh Uang Kertas 1 Juta Rupiah, Ini Kata BI dan Peruri

RIAUSKY.COM - Bank Indonesia memberikan penjelasan terkait viralnya sebuah video yang menampilkan uang rupiah 1.0 atau 1 juta.

Sebelumnya, sebuah video yang menampilkan uang rupiah pecahan Rp1 juta mendadak viral di masyarakat. Pada lembaran uang tersebut tertulis sebagai uang spesimen Perum Peruri 1.0.

"Uang pecahan selembar 1 juta #Baru #fyp? Viral," tulis akun TikTok pengunggah video tersebut, @wandyskay.

Bank Indonesia (BI) menyebut uang tersebut tidak benar dan tidak berlaku di Indonesia. Pasalnya, uang rupiah yang sah untuk pembayaran di tanah air paling besar bernominal Rp100 ribu.

"Tidak benar, itu hoaks. Dapat saya sampaikan bahwa uang kertas pecahan yang berlaku saat ini, nominal terbesarnya adalah Rp100.000," ungkap Direktur sekaligus Kepala Grup Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan saat dikonfirmasi.

Namun, ia tidak ingin mengomentari soal jenis uang yang tertulis sebagai uang spesimen hasil keluaran Perum Peruri. "Silakan ditanyakan ke Peruri," imbuhnya, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Sementara Sekretaris Perusahaan Peruri Adi Sunardi menyatakan manajemen memang mengeluarkan uang specimen, namun uang tersebut bersifat house note alias untuk kepentingan internal perusahaan.

Biasanya, uang tersebut digunakan untuk mempromosikan produk yang memuat seluruh fitur sekuriti yang mampu dilakukan oleh Peruri.

"Peruri tidak memperjualbelikan uang spesimen ini. Karena itu untuk pencetakan atau penerbitan uang specimen ini sendiri tidak rutin, mengikuti perkembangan teknologi fitur sekuriti yang ada," jelas Adi. (R03)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index