Bupati Siak Apresiasi Pelatihan SDM Pelaku Desa Wisata oleh EMP Mallaca Strait

Bupati Siak Apresiasi Pelatihan SDM Pelaku Desa Wisata oleh EMP Mallaca Strait
Pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku Desa Wisata untuk membentuk Destination Branding pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Bupati Siak Alfedri berkesempatan membuka pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi pelaku Desa Wisata untuk membentuk Destination Branding pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat di Provinsi Riau.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Universitas Bakrie dan EMP Mallaca Strait, diikuti oleh 4 kampung dari Kabupaten Siak, dan 3 Kampung lagi dari Kabupaten Meranti.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula Teras Bakau, Mangrove Sungai Bersejarah, Kampung Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit, Selasa (16/11/2021).

Bupati Siak Alfedri mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan itu. Menurutnya, pelatihan itu jelas sangat bermanfaat sebagai upaya menyiapkan tenaga-tenaga yang terampil dan profesional dalam memecahkan masalah terkait dengan promosi wisata.

“Dengan adanya pelatihan ini, bukan hanya menata destinasi, akan tetapi juga bisa membrandingkan destinasi, melakukan pemasaran serta promosi, sehingga orang bisa mengetahui dan tentunya akan meningkatkan kunjungan wisata di daerah tersebut khususnya di Kabupaten Siak. Di Siak sendiri ada berbagai objek wisata, diantaranya objek wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam dan juga wisata buatan,” cakap Bupati Siak.

Terkait dengan Desa Wisata, Pemerintah Kabupaten Siak mendorong pihak pemerintah kampung untuk bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan potensi yang ada di wilayahnya baik itu objek wisata maupun produk UMKM lokal.

“Untuk mengembangkan Desa Wisata, tidak hanya dari pemerintah daerah saja, melainkan juga harus bekerjasama dengan pihak swasta, Perguruan Tinggi dan Media. Dengan adanya kolaborasi multipihak tersebut pengembangan objek wisata semua sisi bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Perwakilan Universitas Bakrie Prof Hoga Saragih, Managemen EMP Mallaca Strait SA Amru Mahalli, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut diwakili oleh Kepala Departemen Humas Yanin Kholison dan Camat Sungai Apit Wahyudi.(Advertorial Pemkab Siak)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index