Dr. Adam SH.MH Apresiasi Penabalan Gelar Untuk Kapolda Riau

Dr. Adam SH.MH Apresiasi Penabalan Gelar Untuk Kapolda Riau

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM)- Ketua DPRD Kuansing Dr. Adam SH.MH. sangat Mengapresiasi penambalan atau penobatan gelar adat kepada Kapolda Riau Agung Setya Imam Effendi SH, Sik,Msi. Sebagai Datuk Bandaro Alam.

Prosesi penambalan gelar adat dilaksanakan di pendopo rumah dinas Bupati Kuantan Singingi, Kamis, ( 18/11/2021) lalu.

Menurut ketua DPRD Kuansing Dr. Adam SH.MH, prosesi penambalan gelar adat  dari Limbago Adat Nagori Kuantan Singingi yang di berikan Kepada Kapolda Riau sudah mengikuti alur dan patut.

Ditambahkan Adam, Kapolda Riau Irjen Polisi Agung Setya Imam Effendi Sudah membuktikan dan Dedikasinya untuk wilayah dan masyarakat riau dalam menjaga kelestatian hutan, sehingga bertekat untuk menggalakkan penanganan Karhutla dan ilegal loging. Terlebih di wilayah kabupaten kuantan singingi ini, Kapolda Agung Setya Imam Effendi telah turun lansung melakukan upaya -Upaya kemanusian dalam menangani Covid-19 di wilayah riau, sehingga diwilayah riau tidak lagi berada di Zona Merah, ujar Adam.

Justru itu penambalan gelar adat Datuk Bandaro Alam dari Limbago Adat Nagori Kuantan Singingi untuk Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam adat kuansing disebut dengan " Nan Di Dulukan Selangkah Di Tinggikan Serantiang " bak Pitatah Pititih Dalam Adat Di Nagori Kuantan Singingi. Ini sudah mengikuti alur dan patut.

Kemudian ditambahkan Dr. Adam SH.MH. Gelar Datuak Bandaro Alam dalam adat ibarat " Pohon Rimbun Tompek Batoduah, Kan Poi Tompek Batanyo, Baliak Tompek Babarito", ini sangat patut disandang dan diberikan kepada Irjen Pol Agus Setya Imam Effendi, SIK, MSi.ujar Adam.

Disamping itu Dr. Adam sangat mengharapkan Gelar Datuak Bandaro Alam untuk Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ini mewujudkan seperti tetuah adat " Bak Pohon Rindang Tompek Batoduah " bagi masyarakat Kuantan Singingi " Nan Sapayuang Sapatogak, Salingkuang Cupak Adat".

Kendati diberinya gelar adat Nagori Kuantan Singingi kepada Kapolda riau, Masyarakat Kuansing perlu memberikan Apresiasi kepada Kapolda Riau, pasalnya penambahan gelar adat Datuak Bandaro Alam kepada Kapolda Riau juga mengangkat Marwah Adat Kuqntqn Singingi kedepannya. Pinta Dr. Adam SH.MH.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index