World Tree Day 2021, Bupati Siak Tanam Matoa di Menteng Hulu

World Tree Day 2021, Bupati Siak Tanam Matoa di Menteng Hulu
Bupati Siak Alfedri menanam pohon matoa.

SIAK (RIAUSKY.COM)– Memperingati Hari Pohon se- Dunia tahun 2021 (world tree day 2021), Pemkab Siak bersama sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan menggelar aksi kampanye menanam pohon di Benteng Hulu, Ahad (21/11/2021).

Aksi menanam tersebut juga diikuti Bupati Siak Alfedri yang pada kesempatan tersebut menanam sebuah pohon matoa. 

Bupati Siak Alfedri mengaku sangat bersemangat dengan kegiatan ini, karena, menanam adalah salah satu  dari upaya untuk menyelamatkan masa depan. 

Dijelaskan dia, menanam pohon sangat besar artinya untuk kehidupan bukan saja manusia, tapi juga seluruh makhluk hidup. 

“Hari ini saya bersama pak Wabup menanam pohon, ini kami lakukan dalam rangka peringati hari pohon sedunia. Sesama manusia, ada baiknya kita turut mengingatkan untuk menjaga lingkungan, dengan menanam pohon. Sebab, pohon adalah sumber oksigen untuk dihirup manusia. Tanpa pohon, manusia tak akan bisa hidup,” ujar Alfedri.

Dijelaskan Alfedri, pohon bisa menjadi paru-paru bagi dunia. Pepohonan menghasilkan oksigen bersih yang memang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk bernafas.

Tak hanya itu, pepohonan juga menyerap racun yang dihasilkan dari proses hidup makhluk hidup, berupa karbon dioksida. Pohon juga mampu menekan angka polusi udara, mencegah terjadinya perubahan iklim, selain juga banyak fungsi lainnya.

Karena itulah, sebut Alfedri, dia sangat mengapresiasi upaya melakukan penanaman pohon ini. 

Program ini, sebut Alfedri sejalan dengan program Siak Hijau yang saat ini menjadi salah satu konsentrasi peorgram dibidang lingkungan yang dilaksanakan Pemkab Siak.

Dia juga berharap, program ini bisa menjadi salah satu pengingat bersama untuk tetap menjaga kelestatian alam dan lingkungan, khususnya hutan.

''Siak masih mempunyai cukup banyak luasan hutan primer maupun kawasan hutan di areal gambut yang harus dijaga kelestariannya untuk bisa menciptakan lingkungan yang baik dan mencegah terjadinya pemanasan global yang ramai dibicarakan saat ini,'' kata dia.

“Peringatan world tree day 2021 atau pohon se dunia yang jatuh hari ini, nyambung dengan komitmen Siak Hijau. Langkah kita dalam menyelamatkan lingkungan tidak hanya pemerintah,  Pemerhati lingkungan namun kita ingin di dukung seluruh stakeholder termasuk msyarakat  yang ada di Siak,”  harap Alfedri.

Tak lupa, pada kesempatan itu, Alfedri mnyampaikan terima kasih kepada NGO  yang telah menggagas dan mengkampanyekan upaya penyelamatan lingkungan, termasuk dengan menanam pohon ini.(Advertorial)


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index