Tanaman Hias Ini Cantik Sih, Tapi Juga Mematikan, Sebaiknya Berhati-hati Bila Menanamnya di Rumah...

Tanaman Hias Ini Cantik  Sih, Tapi  Juga  Mematikan, Sebaiknya Berhati-hati Bila Menanamnya di Rumah...
Tanaman dengan bunga cantik, Belladonna.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Memelihara tanaman di sekitar rumah dan pekarangan saat ini sedang menjadi tren, khususnya masyarakat perkotaan.

Selain memberikan efek indah, tanaman juga diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap udara bersih dan mencegah polusi.

Tak jarang tanaman langka, tanaman hutan dan beberapa tanaman yang terlihat indah dan unik menjadi koleksi di rumah-rumah warga. 

Namun, siapa sangka ternyata  beberapa jenis tanaman hias disyaratkan tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan perawatannya pun harus hati-hati. 
Hal ini dikarenakan tanaman tersebut memiliki efek beracun jika sampai tertelan makhluk hidup, terutama anak kecil dan hewan peliharaan.

Berikut daftar tanaman hias yang dapat beracun dan berbahaya:

 

Belladonna

Belladonna memiliki kandungan zat tropane alkaloids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi.

Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.

 

Daffodil

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil. Umumnya bunganya berwarna kuning yang cerah. Di balik tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah, ternyata daffodil mengandung racun.

Bila bagian umbi atau akarnya termakan bisa bahaya. Bagian tersebut berisiko mengakibatkan masalah pencernaan seperti diare, muntah, hingga masalah serius seperti meningkatnya tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung, dan tremor.

 

Foxgloves

Tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini berbahaya untuk manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya.

Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung. Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak kecil.


Kuping Gajah

Kuping Gajah

Di balik keindahan warna serta bentuk daunnya yang menawan, tanaman kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup. Daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan anak-anak, sebab jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

 

Lidah Mertua (Sansevieria)

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias lidah mertua atau sansevieria. Memiliki corak daun dan warnanya yang indah, lidah mertua menjadi populer di kalangan pencintanya. Karena bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih, tanaman hias lidah mertua juga kerap kali jadi dekorasi indoor.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar anak kecil tak bermain-main dengan lidah mertua.

 

Philodendron

Tanaman hias philodendron cukup populer dan kerap dijadikan sebagai interior ruangan berkat keindahan daunnya. Tanaman hias satu ini juga digandrungi oleh banyak orang berkat perawatannya yang mudah.

Meski bisa diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman hias ini aman bagi anak-anak. Tanaman hias philodendron justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya. Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan.

 

Rhododendron dan Azalea

Anda pasti akan terpesona melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias satu ini. Tapi jangan sampai tertipu. Hal ini dikarenakan rhododendron dan azalea masuk ke dalam kategori tanaman hias berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika Anda tetap ingin merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang sulit dijangkau. Sebab, jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

 

Wisteria

Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China. Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia.

Meski cantik, bunga ini menyimpan zat beracun yang kuat lho. Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

 

ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang.

Karakteristik tanaman hias ini adalah daunnya berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air, serta tampak mengkilap. Selain itu, saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilap yang amat indah.

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.(R03)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index