1 Orang Meninggal, 41 Luka-Luka Akibat Letusan Gunung Semeru

1 Orang Meninggal, 41 Luka-Luka Akibat Letusan Gunung Semeru
Kepanikan warga saat letusan Gunung Semeru./ Sumber Foto: olahan tangkapan layar

LUMAJANG (RIAUSKY.COM)- Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar mengatakan ada korban meninggal dan luka-luka akibat letusan gunung semeru sore kemarin. 

Dari proses evakuasi, terdapat 1 orang yang meninggal dan 41 orang lainnya luka-luka.

"Ada satu orang yang meninggal dari Curah Kobokan dan tadi sudah dibawa oleh mobil ambulans dan mudah-mudahan sudah terangkut. Karena waktu tadi saya disana masih dalam proses evakuasi," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Sabtu 94/12/2021).

Sementara itu, untuk korban luka-luka, ada yang luka bakar ringan dan ada juga yang luka bakar sangat parah. Untuk yang luka biasa sudah dievakuasi ke puskesmas terdekat, sedangkan yang luka bakar sangat parah di rujuk ke Rumah Sakit sekitar.

"Luka bakar sangat parah kita rujuk kita ke rumah sakit umum Haryoto dan Rumah sakit Bhayangkara," jelasnya.

"Luka bakar sangat parah kita rujuk kita ke rumah sakit umum Haryoto dan Rumah sakit Bhayangkara," jelasnya.

Ia juga mengatakan, dari korban luka-luka tersebut terdapat dua orang ibu hamil. Satu hamil sembilan bulan dan satunya hamil delapan bulan.

Sementara itu, dari 300 kepala keluarga yang ada di Curah Kobokan hampir semuanya sudah dievakuasi. Hanya tinggal 10 orang lagi yang belum dan sedang dalam proses.

Menurutnya, proses evakuasi agak lambat dikarenakan kondisi atau medan yang sulit. Sebab, lumpur sudah menyebar dan semakin dalam di daerah sekitar.

"Evakuasi lamban karena mobil tidak bisa masuk ke lokasi dikarenakan lumpur itu setinggi hampir sampai lutut kaki. Kami juga dibantu komunitas jeep sehingga sampai saat ini masih proses evakuasi. Mudah-mudahan yang sisa ini segera bisa terevakuasi," kata dia.

Akibat letusan gunung ini, rumah yang ada di Curah Kobokan juga hampir semuanya hancur. Sehingga warga diungsikan ke balai desa Penanggal, Lumajang.(R02)

Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index