18 Ekor Gajah Liar Terpantau Berkeliaran di Kebun Sawit Warga Sialang Rimbun Pinggir

18 Ekor Gajah Liar Terpantau Berkeliaran di Kebun Sawit Warga Sialang Rimbun Pinggir
Kawanan gajah yang ditemukan berkeliaran di perkebunan sawit warga, di sekitaran Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga, Dusun II Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sebanyak 18 ekor gajah liar dilaporkan berkeliaran di perkebunan sawit warga, di sekitaran Pusat Latihan Gajah (PLG) Sebanga, Dusun II Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Keberadaan gajah itu, kemudian dilaporkan warga ke Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, yang langsung melakukan upaya mitigasi.

"Terkait dengan kemunculan sekelompok gajah yang ada di sekitar PLG Sebanga, Rabu tanggal 15 Desember 2021 kemarin, itu kelompok gajah dari Giam Siak Kecil (GSK)," kata Plt Kepala BBKSDA Riau, Hartono, Senin (20/12/2021).

Lanjut dia, berdasarkan hasil pantauan, jumlah gajah yang muncul sekitar 18 ekor, dan 2 diantaranya masih anakan.

"Kelompok gajah yang muncul sudah dipasangan GPS collar sehingga bisa dipantau. Sebelum ada kemunculan, memang sempat ada laporan gajah merusak perkebun sawit yang ada di sekitar PLG Sebanga," kata Hartono.

Ditanyai apakah gajah betina yang ditemukan mati terkena sengatan listrik beberapa waktu lalu di daerah Koto Pait, termasuk dari kelompok 18 ini, Hartono membenarkannya.

Hartono menyebutkan, di sekitar lokasi keberadaan mereka itu, memang merupakan habitat aslinya.

Atau merupakan home range (daerah jelajah) dari gajah tersebut.

Hartono pun mengimbau kepada masyarakat, jika melihat kemunculan gajah, bahkan sampai masuk perkebunan, agar segera berkoordinasi dan melapor ke BBKSDA Riau.

Hal ini penting, supaya petugas bisa melakukan antisipasi, agar keberadaan gajah tak sampai merusak kebun milik warga.(R03)


Sumber berita: tribunpekanbaru

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index