Hasto Jelaskan Ini Sikap Megawati Soekarnoputri Terkait Wacana Penundaan Pemilu

Hasto Jelaskan Ini Sikap Megawati Soekarnoputri Terkait Wacana Penundaan Pemilu
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkap sikap Ketum Megawati Soekarnoputri terkait wacana penundaan Pemilu 2024 atau perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Hasto menekankan Megawati taat konstitusi.

"Jadi ada tidak ada survei, sikap dari Ibu Megawati Soekarnoputri PDIP itu tetap sama, bahwa berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan negara, PDIP itu kokoh dalam jalan konstitusi," kata Hasto ketika ditanya sikap Megawati terhadap wacana penundaan pemilu saat rilis survei LSI, Kamis (3/3/2022).

Hasto beralasan konstitusi Indonesia lahir dari falsafah bangsa. Karena itulah, wajib untuk semua pihak menaati konstitusi yang berlaku.

"Kenapa itu penting? Karena konstitusi lahir dari falsafah bangsa, di situ dimaktubkan seluruh hukum dasar dan hukum dasar ini memiliki roh, tidak hanya melihat teks ketika janji sumpah jabatan itu untuk memegang dan menjalankan UUD dan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, itu ada konteksnya. Suasana kebatinan yang harus dilihat, sehingga wajib semua taat pada konstitusi," ucapnya.

Kemudian Hasto membahas hasil survei LSI yang menunjukkan mayoritas responden menolak terkait penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan presiden. 

Menurutnya, hasil survei tersebut menunjukkan seluruh masyarakat masih teguh berpegang bahwa mekanisme pemilu dilakukan setiap 5 tahun sekali.

"Juga penting aspek legalitas kekuasaan, dan legalitas kekuasaan melalui pemilu, di mana rakyat berdaulat, dan pemilu dari survei tadi telah menunjukkan gimana mekanisme periodisasi 5 tahunan telah jadi kultur demokrasi, sehingga diungkap dari potret hasil survei menunjukkan dari seluruh elemen masyarakat memiliki keteguhan yang sama telah menjadi kultur yang sama bahwa mekanisme pemilu 5 tahunan penting dan jadi kultur demokrasi yang harus dihormati," ujarnya.(R04)

Sumber Berita: detik.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index