Sepanjang 2016, Satgas Karlahut Tangkap 44 Pelaku Karhutla

Sepanjang 2016, Satgas Karlahut Tangkap 44 Pelaku Karhutla
Brigjen TNI Nurendi
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)– Sepanjang tahun 2016 ini, Satgas karhutla Provinsi Riau setidaknya sudah mengamankan sebanyak 44 orang pelaku pembakaran lahan.
 
Masing-masing mereka diamankan di 5 kabupaten dan kota, yakni  Rokan Hilir, Pelalawan, Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai.
 
Hal tersebut disampaikan Komandan Korem (Danrem) 031/WB, Brigjen TNI Nurendi selaku Komandan Satgas Siaga Darurat Karlahut Riau dalam ekspose menedia seusai Rapat Evaluasi Siaga Darurat Kebakaran Lahan dan Hutan, bertempat di Posko Karlahut Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Senin, 21 maret 2016.
 
"Alhamdulillah, para pelaku sudah tertangkap. Ini merupakan prestasi yang meningkat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2015 lalu dalam waktu enam bulan, kami berhasil menangkap 71 orang, dan tahun ini (2016) dari 34 kasus kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Riau, dalam waktu satu bulan Tim Satgas sudah menangkap 44 orang," kata Danrem 031/Wirabima.
 
"ini merupakan prestasi kinerja yang luar biasa, bukan main-main," katanya lagi.
 
Danrem juga menjelaskan, tidak ada perlakuan khusus untuk para pelaku pembakaran lahan yang sudah ditangkap. "Tidak ada perlakuan khusus, apalagi sampai dibebaskan. Kalau ada yang diperlakukan khusus, silakan laporkan kepada penegak hukum," ujarnya.
 
"Kalau para pelaku  melanggar ketentuan dan peraturan yang berlaku, serta dilengkapi alat bukti yang cukup, pasti akan dihukum dan dipenjara," ungkap Komandan Satgas Siaga Darurat Karlahut Riau Brigjen TNI Nurendi.
 
Dalam kesempatan ini Danrem juga mengimbau kepada lurah dan kepala desa agar mengingatkan masyarakatnya untuk membuka lahan dengan cara gotong-royong.
 
"Kalau mau buka lahan, lakukan secara bersama-sama karena kita mengenal asas kebersamaan dan gotong-royong. Kenapa ini tidak dilakukan, padahal merupakan warisan nenek moyang. Kita harus mengaktifkan lagi kegiatan gotong-royong dan  kebersamaan," paparnya. (R11/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index