Desa Wisata Dayun Riau Masuk 50 Besar Nasional ADWI 2022

Desa Wisata Dayun Riau Masuk 50 Besar Nasional ADWI 2022
Batik motif semangka yang diproduksi warga Desa Wisata Dayun.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, lolos 50 besar desa wisata terbaik nasional, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, bahwa pada tahun 2022 telah terjaring sebanyak 3.419 peserta desa desa dari 70.000 desa di seluruh Indonesia. 

"Selamat saya ucapkan kepada 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022. Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia bangkit," kata Sandiaga Uno, dalam keterangan resmi di kanal YouTube Jadesta, Rabu (27/4/2022). 

Ia menjelaskan, rangkaian kegiatan Anugerah Wisata Indonesia 2022 selanjutnya akan meninjau dan menilai secara langsung bersama para dewan juri ke-50 desa wisata terbaik ADWI 2022..

"Kepada seluruh desa wisata yang belum lolos, 50 desa wisata Indonesia terbaik 2022 tetap terus tingkatkan inovasi adaptasi dan kolaborasi. Ayo kita terus gali potensi desa wisata di seluruh Indonesia, sebagai simbol kebangkitan ekonomi nasional dan kesejahteraan rakyat untuk Indonesia bangkit," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, sebanyak 133 desa di Riau telah dicanangkan menjadi desa wisata wisata. Menurutnya, ADWI 2022 dapat mendorong pengelola desa wisata berperan aktif untuk mengembangkan desa wisata. 

"Alhamdulillah Desa Wisata Dayun masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata 2022. Semoga pencapaian ini bisa sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelanjutan untuk Indonesia. Terima kasih kepada Kemenparekraf dan dewan juri yang telah bekerja maksimal," sebut Syamsuar.

Rangkaian kegiatan ADWI 2022 sudah melalui beragam tahap kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 7 kategori penilaian klasifikasi desa wisata dan kelengkapan data melalui website Jadesta. 

Mulai dari proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata, kemudian 300 desa wisata, lalu dikerucutkan kembali menjadi 100 besar, hingga terpilih 50 desa wisata terbaik, desa wisata Indonesia bangkit.

Adapun kategori penilaiannya yaitu, daya tarik pengunjung, homestay, digital dan kreatif, souvenir, toilet umum, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), dan kelembagaan desa. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index