BPBD Riau Kerahkan Personil dan Heli Padamkan Karhutla di Dumai

BPBD Riau Kerahkan Personil dan Heli  Padamkan Karhutla di Dumai
Ilustrasi helikopter melakukan upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Petugas gabungan hingga saat ini terus melakukan upaya pemadaman di daerah-daerah yang saat ini dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Berkat kerja keras petugas, saat ini sejumlah wilayah yang sebelumnya ditemukan ada Karhutla sudah berhasil dipadamkan.

"‎Karhutla di Pelalawan, Kampar dan Rohul sudah bisa dikendalikan oleh petugas dan saat ini tinggal pendinginan saja," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Jumat (3/6/2022). ‎

Edy menjelaskan, saat ini Karhutla masih terjadi di wilayah pelintung Dumai. Petugas masih melakukan pemadaman di lokasi tersebut. 

Untuk membantu memadamkan Karhutla di Dumai, BPBD Riau sudah mengerahkan personil ke lokasi. Tidak hanya itu, tim Satgas udara penanganan Kathutla juga sudah mengerahkan helikopter ke Pelintung, Dumai.‎

"Petugas BPBD Riau juga sudah kita turunkan ke sana (Dumai). Termasuk heli WB sore ini juga kita terbangkan ke Dumai," katanya.

Edy mengimbau kepada masyarakat agar jangan bermain - main dengan api. Dan tetap mengingat prinsip, api itu kecil jadi teman, besar jadi lawan.

"Kita mohon betul jangan sampai bermain-main dengan api, apalagi saat musim panas. Karena sedikit saja api, apalagi areal gambut, pasti sudah meluas dengan cepat. Karena gambut sulit kita padamkan. Masyarakat harus berhati - hati, jangan membuang puntung rokok sembarangan," ujarnya. 

Selanjutnya, untuk masyarakat di pedesaan, terutama areal gambut, jika menemukan tanda-tanda api, segera di informasikan ke Polsek, Camat, Koramil.

"Bisa juga langsung menguhubungi ke BPBD Kabupaten atau kota di tempat masing-masing," katanya. (mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index