Bela Marwah Melayu, Ribuan Laskar LLMB dari Seluruh Riau Gelar Aksi Damai di DPRD Riau

Bela Marwah Melayu, Ribuan Laskar LLMB dari Seluruh Riau Gelar Aksi Damai di DPRD Riau
Ribuan laskar LLMB dan sejumlah ormas Melayu saat menggelar aksi di depan DPRD Riau/

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Ribuan Laskar Lembaga Laskar Melayu Bersatu (LLMB) Riau dan Kepri dan sejumlah ormas Melayu lainnya turun ke jalan dengan menggelar aksi damai di depan DPRD Provinsi Riau, Kamis (9/6/2022).

Aksi damai yang awalnya akan digelar di depan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau, namun karena beberapa pertimbangan akhirnya dialihkan ke depan DPRD Provinsi Riau.

Massa aksi damai merupakan para laskar LLMB yang datang dari seluruh Riau dan sejumlah ormas yang ada di Riau.

Dalam orasinya, Panglima Besar (Pangbes) LLMB, Dt. Ismail Amir, menegaskan kalau aksi ini dilatarbelakangi adanya aksi demo sebelumnya oleh salah satu ormas yang dinilai menginjak-injak harkat dan martabat bangsa Melayu.

"Aksi damai yang kita lakukan tujuannya untuk membela harkat martabat & marwah bumi/bangsa melayu yang sudah diinjak-injak oleh salah satu Ormas yang melakukan demonstrasi di depan Kejati Riau beberapa waktu lalu," ujar Pangbes, Kamis (9/6/2022).

Dilanjutkannya, pembelaan yang dilakukan oleh laskar LLMB dan ormas Melayu lainnya adalah kepada pucuk Pimpinan tertinggi gelar Adat Dt. Seri Setia Amanah yang melekat kepada Gubernur Riau.

Dt. Ismail juga menegaskan tidak ada unsur politik dalam aksi damai yang mereka lakukan, hal ini murni bentuk pembelaan terhadap Marwah Melayu yang saat 

"Kita hanya ingin menunjukkan kalau bumi Melayu ini negeri yang bertuan. Kalau masalah hukum biarlah pihak berwenang yang menyelidiki kebenarannya dan dia meminta tak ada intervensi dari pihak manapun.

"Kalau nanti setelah ini ada aksi tandingan, kita akan datangkan lagi massa yang lebih banyak," tegasnya.

Sementara itu, mewakili pimpinan DPRD Riau, Robin Hutagalung yang menemui massa berjanji akan meneruskan tuntutan massa kepada pihak yang berkompeten.

Selanjutnya, sejumlah pimpinan/perwakilan LLMB Riau Kepri diterima untuk bertemu langsung dengan pimpinan DPRD Riau. 

Usai menyampaikan pernyataannya, massa aksi membubarkan diri dengan tertib. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index