Ratusan Pengunjung Berziarah ke Makam Syekh Al Azhar di Dusun Keramat Kuantan Tengah

Ratusan Pengunjung Berziarah ke Makam Syekh Al Azhar di Dusun Keramat  Kuantan Tengah
Suasana pengunjung berziarah ke Makam Syech Al Azhar di Dusun Keramat Desa Sawah, Kecamatan Kuantan Tengah, Kuansing.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Ratusan penziarah berkunjung ke makam keramat Al Azhar di Dusun Keramat Desa Sawah, Kecamatan Kuantan Tengah,Kabupaten Kuantan Singingi, Ahad (12/6/2022).

Para penziarah ini datang dari berbagai daerah di Riau maupun dari Sumatera Barat pada momen yang biasanya dilaksanakan pada Bulan Dzulkaidah.

Tak hanya para jemaah, yang datang berziarah ke makam ini juga banyak diantaranya adalah para guru di dua provinsi ini.

Buya Tuanku Mudo Jamaludin dari Dharmaraya, Sumbar berharap setiap tahunnya bisa berkunjung dan berziarah ke makam syekh Al Azhar ini setiap tahunnya di bulan Dzulkaidah

''Harapan kami juga ada tambahan pembangunan di sekitar makam ini supaya para perziarah yang datang akan lebih ramai kedepannya, salah satunya dengan mempelebar area kawasan makam,'' kata dia. 

''Dan mari kita jaga makam ini sebaik baiknya,'' ajak Buya Tuanku mudo Jamaludin

Dalam kunjungan ziarah kubur makam keramat ini tampak sekitar 200-an  penziarah.

Selain Buya Tuanku Mudo Jamaludin, terlihat juga salah seorang guru dari Lubuk Jambi, yakni Tuanku Kuniang Syahrial.

Dia menjelaskan, dalam agenda rutin ini kami melakukan ziarah ke makam syekh Al Azhar sekali setahun.

''Kami juga berharap kepada masyarakat di sini untuk selalu memperhatikan makam ini dan pembangunannya juga dibenahi seperti ada tempat bersuci sebelum masuk kemakam ini, untuk berziarah dan lain sebaginya yang berkaitan dengan keperluan perziarahan,'' ujar dia.

Kemudian salah seorang tokoh masyakarat Kuansing juga menyampaikan harapannya kepada pemerintah kabupaten kuantan Singingi, untuk memperhatikan makam keramat syekh Al Azhar ini,

''Mari bersama kita bangun dan lestari makam ini, supaya perziarah dari provinsi lainnya juga bisa datang kemari untuk berziarah. Harapan saya untuk kedepan kepada pemerintah untuk bisa membuat tempat bersuci, kamar kecil (WC) dan usahakan tempat perziarah ini di lebarkan lagi,'' harap dia.

''Makam ini bisa dijadikan tempat wisata religi,'' ujar seorang tokoh masyakarat ini.

Menurut penjelasan dari Buya Tuanku Mudo Jamaludin, semasa hidupnya, Syeh Al azhar adalah salah seorang ulama besar (Thoriqoh Syattariyah), yang berasal dari  daerah sumatra barat.(R12)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index