Hebat, UIN Suska Pekanbaru Peringkat 5 Se-Indonesia Versi Webometrics

Hebat, UIN Suska Pekanbaru Peringkat 5 Se-Indonesia Versi Webometrics
Logo UIN Suska

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Salah satu lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics Ranking of World Universities baru saja merilis hasil pemeringkatannya, pada awal tahun 2016. 

 
Dalam laman resminya di webometrics.info sejumlah perguruan tinggi dari seluruh dunia telah diurutkan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim  berhasil meraih peringkat ke-5 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia.
 
Pemeringkatan Webometrics ini dilakukan oleh Cybermetric Lab Spanyol kepada lebih dari 21 ribu perguruan tinggi di dunia. Penilaian dalam pemeringkatan tersebut didasarkan atas empat indikator penilaian, yang pertama merupakan presence, yaitu jumlah halaman website yang terekam pada mesin pencari Google. Indikator selanjutnya adalah impact, yang dilihat melalui jumlah eksternal link yang diterima oleh domain web perguruan tinggi yang terekam Google.
 
Selanjutnya adalah indikator openness yang merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar). Sedangkan indikator terakhir adalah jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks di Google Scholar.
 
Rektor UIN Suska, Munzir Hitami dalam beberapa kesempatan menjelaskan, Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau merupakan sebagai salah universitas negeri yang berbasis Islami. Universitas Islam Negeri Syarif Kasim Riau terus berbenah diri dalam segala hal, baik infrastruktur maupun suprastrukturnya. 
 
Apalagi menghadapi globalisasi sudah tidak bisa kita hindari lagi. Pendidikan sekarang telah menjadi salah satu dari sebelas sektor jasa yang telah dibebaskan. Ini artinya ke depan persaingan di sektor ini akan semakin ketat. 
 
Keberadaan provider perguruan tinggi asing di negeri ini akan banyak kita temukan baik berdiri sendiri maupun menggandeng dengan institusi pendidikan lokal yang telah ada. Tentu saja dengan segala fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai dan berbasis ICT.
 
Menyadari akan tantangan tersebut, UIN Sultan Syarif Kasim Riau sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di tanah air harus terus meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikannya dengan berbagai program-program strategis yang harus diwujudkan dalam jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. (R20/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index