Ini Jadwal Ujian Nasional Seluruh Tingkatan Sekolah di Kota Pekanbaru

Ini Jadwal Ujian Nasional Seluruh Tingkatan Sekolah di Kota Pekanbaru
Abdul Jamal Kadisdik Pekanbaru
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pendidikan mengumumkan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional untuk seluruh tingkatan.
 
 Sekolah Dasar (SD) tahun ini akan dilaksanakan tanggal 16 Mei 2016 hingga 18 Mei 2016 mendatang, SMP/sederajat akan dilaksanakan tanggal 9 hingga 12 Mei 2016. Sementara untuk SMA/MA akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 April 2016.
 
"Untuk evaluasi kita terakhir tinggal pelaksanaan ujian saja lagi. Uji coba sudah kita lakukan, sarana dan pra sarana juga sudah siap, jadi tinggal ujian saja," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Kamis, 24 Maret 2016.
 
Untuk jumlah peserta SMA dan SMK yang nantinya akan mengikuti UN nantinya sebanyak 15.342 siswa. Sedangkan peserta UN yang nantinya akan menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sebanyak 6000 orang.
 
"Untuk SMA yang ikut UNBK sebanyak 2000 sisiwa, sedangkan 4000 siswa itu berasal dari SMK. Jadi total keseluruhannya ada 6000 siswa yang ikut ujian dengan sistem UNBK. Dan persiapan sudah oke tinggal pematangan siswa saja lagi," terang Jamal.
 
Jamal menjelaskan, untuk SMA yang menggunakan ujian berbasis UNBK ini ada sebanyak 8 sekolah. Sedangkan untuk SMK yang menggunakan sistem UNBK sebanyak 15 sekolah. "Untuk SMK pada tahun ini semuanya ikut untuk UNBK di 2016 ini," bebernya.
 
Ditanya terkait adanya indikasi kebocoran soal yang setiap tahunnya terjadi pada saat UN, Jamal sendiri turut menanggapi hal tersebut. Ketika siswa mulai menjawab soal UN, komputer yang digunakan pasword yang dimasukkan kepada software terlebih dahulu.
 
"Selain itu untuk soal sendiri juga sudah diacak oleh sistem, tapi pada dasarnya ujian manual dan UNBK soalnya sama dan kisi-kisinya juga. Tapi tetap masing-masing mempunyai paket yang berbeda. Untuk waktu ujian sendiri tetap dua jam," sambungnya lagi.
 
Selain itu, keuntungan UNBK ini sendiri adalah siswa tidak perlu membulatkan jawaban di kertas. Sehingga siswa tidak perlu menghabiskan waktu selama dua jam untuk menghitamkan jawaban dan fokus kepada soal yang disediakan. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index