KPU dan DPRD Pekanbaru Bahas Pemilu dan Pilkada 2024, Soal Anggaran, Begini Penjelasannya...

KPU dan DPRD Pekanbaru Bahas Pemilu dan Pilkada 2024, Soal Anggaran, Begini Penjelasannya...
Ilustrasi/net

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Tahapan Pemilu 2024 sudah mulai bergulir. 

Kondisi ini dimanfaatkan KPU Pekanbaru untuk mensosialisasikan tahapan tersebut, ke DPRD Pekanbaru, Senin (8/8/2022).

Rombongan KPU Pekanbaru dipimpin Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto, didampingi Yelli Nofiza, Ariya Ghuna Saputra, Zulfajri, Desriantoni, masing-masing anggota KPU Kota Pekanbaru, Erwan Taufiq selaku sekretaris dan sejumlah staf di KPU Kota Pekanbaru.

Rombongan langsung disambut baik Pimpinan DPRD Pekanbaru, terdiri dari Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST, Wakil Ketua DPRD Ginda Burnama ST MT dan Ir Nofrizal MM, dan T Azwendi Fajri SE.

Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi menyampaikan, agenda KPU Pekanbaru yakni menyampaikan program kerjanya, jelang tahun 2024, baik Pemilu maupun Pilkada.

" Dengan kita DPRD ini, berkaitan dengan anggaran Pilkada dan Pemilu. Mereka minta dukungan kita di DPRD," terangnya usai pertemuan di ruangan VIP DPRD Pekanbaru.

Disampaikan, sejauh ini komunikasi utama soal anggaran ini bersama eksekutif. Sementara DPRD akan menyetujui sesuai anggaran. "Tapi kita juga harus tahu terlebih dahulu," akunya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Merciyanto menyebutkan, pertemuan dengan pimpinan DPRD Pekanbaru membahas Pemilu dan Pilkada.

"Kami juga menyampaikan tahapan Pemilu, yang saat ini sedang berlangsung. Tahapan itu sudah dimulai 14 Juli kemarin. Sekarang itu tahapannya pendaftaran partai politik," sebut Anton.

Selain itu, KPU juga menerangkan persoalan Sipol (Sistem Informasi Partai Politik), yang dijalankan KPU secara nasional. Di Sipol ini juga bisa mengecek nama-nama caleg parpol.

Sedikitnya, sudah ada 14 parpol secara nasional yang daftar. 10 parpol dinyatakan lengkap.

"Dari sini nanti segera dilakukan verifikasi administrasi. Untuk KPU RI itu sedang berlangsung, " jelasnya.

Bagaimana dengan kabupaten/kota, khususnya Pekanbaru? Disampaikan Anton, untuk daerah, akan berlangsung 16 Agustus mendatang. 

Dalam tahapan ini ada empat kegiatan, pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual, dan penetapan parpol peserta pemilu.

Ditegaskan nya lagi, pada 14 Desember 2022 nanti, sudah didapat penetapan parpol-parpol Pemilu. "Ini inti yang kami sampaikan ke pimpinan dewan tadi," tuturnya.

Mengenai anggaran, tambah Anton Merciyanto, bahwa pihak sudah menyampaikan ke Pemko Pekanbaru, untuk hibah Pilkada sesuai dengan UU No 10 tahun 2016, di mana biaya Pilkada itu dibebankan ke Pemda, yang sudah kami sampaikan ke Pemko itu sekitar Rp 62miliar untuk Pilkada 2024," terangnya.

Untuk medio Agustus ini, dikatakan Anton, pihaknya masuk ke dalam tahapan verifikasi administrasi Parpol.

"Dalam 2022 ini, ada tiga agenda besarnya, pertama itu pendaftaran dan verifikasi parpol peserta pemilu, lalu penetapan Dapil, lalu pemutahiran data pemilih," sebutnya.(R04)

Sumber Berita: tribunpekanbaru.com


 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index