Melepas Kerinduan, PT RAPP Dukung Kemeriahan Festival Pacu Jalur 2022

Melepas Kerinduan, PT RAPP Dukung Kemeriahan Festival Pacu Jalur 2022
Grup APRIL mensponsori dua jalur yakni Jalur Rajo Bujang RAPP, Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean dan Jalur Singa Ngarai RAPP, Desa Kalimanting, Kecamatan Benai.

TELUK KUANTAN  (RIAUSKY.COM)- Dua tahun sudah tradisi turun temurun kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sempat tertunda akibat pandemi. 

Di tahun 2022 ini, festival pacu jalur kembali digelar. Hal ini menjadi pengobat rindu terhadap budaya asli yang diwariskan nenek moyang lebih dari seabad lalu.

Mendukung pelestarian tradisi dan budaya masyarakat, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) turut berkontribusi pada festival yang sudah menembus event Kharisma Nasional 2022 ini.

General Manager (GM) Stakeholder Relations (SHR) RAPP Wan Mohd Jakh Anza mengatakan RAPP sangat berkomitmen dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan pacu jalur mulai di tingkat rayon dan beberapa ajang uji coba hingga pacu jalur tradisional di Tepian Narosa, Teluk Kuantan.

Salah satu dukungan PT RAPP kepada tim pacu jalur Singa Ngarai RAPP.

"RAPP sangat mendukung Festival Pacu Jalur  karena ini adalah kerinduan bagi kita semua dan dukungan bukan hanya pada acara puncak tapi mulai dari tingkat rayon, penyisihan sampai ke acara di Sungai Kuantan, itu semua kami berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten sesuai arahan Bupati Kuansing," jelas Wan Jakh, Minggu (21/08/2022) saat pembukaan pacu jalur di Lapangan Limuno, Taluk Kuantan. 

Wan Jakh menambahkan pada Pacu Jalur tahun 2022, perusahaan bagian dari grup APRIL ini mensponsori dua jalur yakni Jalur Rajo Bujang RAPP, Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean dan Jalur Singa Ngarai RAPP, Desa Kalimanting, Kecamatan Benai. 

Tim pacu jalur Rajo Bujang RAPP.

"Secara keseluruhan total bantuan yang telah disalurkan mencapai sekitar Rp700 jutaan, baik kepada panitia acara, jalur-jalur binaan dan kegiatan lainnya," katanya.

Selain memberikan bantuan terhadap penyelenggaraan, bentuk kepedulian RAPP terhadap pelestarian budaya ini, setiap tahunnya juga memberikan pembinaan kepada beberapa jalur milik masyarakat.

Tidak hanya itu, RAPP juga memberikan serta memfasilitasi masyarakat untuk pengambilan kayu jalur yang ada di hutan penyanggah atau green belt milik RAPP sepanjang semua administrasi terpenuhi dan tidak ada aturan yang dilanggar.

Festival Pacu Jalur Taluk Kuantan tahun 2022, dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno serta dihadiri oleh Wakil Mentri BPN/ATR Raja Juliantoni, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal, dan para Forkompinda Kuansing selain itu juga hadir tamu undangan Kepala Daerah Kabupaten tetangga. Sementara untuk jumlah jalur yang berpartisipasi sebanyak 178 jalur.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index