Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Heritage Diresmikan, Susiana Tabrani: Bukti Cinta Kami Terhadap Riau

Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Heritage Diresmikan, Susiana Tabrani: Bukti Cinta Kami Terhadap Riau
Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd dan Ketua Yayasan Abdurab dr Irvan Tabrani MKes meresmikan Riau Abdurrab Malay Heritage dengan memotong pita, Sabtu (27/8/2022). 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Yayasan Universitas Abdurrab meresmikan Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Heritage Gedung Raja Ahmad Tengku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah. 

Peresmian rumah adat bermotif Melayu ini ditandai dengan penguntingan pita oleh Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd dan Ketua Yayasan Abdurab dr Irvan Tabrani MKes didampingi Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endriani SSi, Sabtu (27/8/22). 

Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Haritage Gedung Raja Ahmad Engku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah terletak di Komplek Kampus 2 Kedokteran Universitas Abdurrab, Jalan Bakti Pekanbaru. Berdiri dua tingkat dengan luas bangunan 18m x 22 meter (396 meter persegi).

Turut hadir Gubernur Riau yang diwaliki Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal Zein, tokoh masyarakat, Ok Nizami Jamil, para Wakil Rektor Universitas Abdurrab, Dekan, Ketua Prodi di lingkungan Universitas Abdurrab dan kepala sekolah di bawah naungan Yayasan Abdurrab serta tamu lainnya. 

Pembina Yayasan Abdurrab, Susiana Tabrani mengatakan bahwa keberadaan Yayasan Abdurrab yang menaungi Universitas Abdurrab, SMK Abdurrab dan Abdurrab Islamic School tak lepas dari peran almarhum ayahandanya Tabrani Rab. Menurutnya, ayahandanya sangat mencintai Riau yang ingin menyelamatkan Riau melalui pendidikan.

"Tahun 1994 Ayahanda mendirikan Sekolah Menengah Analisis Kesehatan yang kini berganti nama menjadi SMK Abdurrab. Kini berkembang menjadi Universitas Abdurrab. Kemudian mendirikan Rumah Sakit Abdurrab. Ini semua upaya untuk memajukan Riau melalui pendidikan. Alhamdulillah banyak pencapaian yang sudah diraih. Universitas Abdurrab satu-satunya universitas di Riau yang memiliki Fakultas Kedokteran dengan akreditasi baik sekali," paparnya.

Kampus 2 Abdurrab dimulai dibangun sejak 2015 oleh Susiana Tabrani. 

"Alhamdulillah kompleks kampus 2 Universitas Abdurrab dan Abdurrab Islamic School ini telah berkembang dengan baik dan dipercaya masyarakat. Terbukti dengan makin ramainya murid di semua sekolah dan universitas di bawah Yayasan Abdurrab. Dan telah mendapat kepercayaan menerima dana hibah dalam penelitian dosen universitas Abdurrab, serta alat dan gedung laboratorium di SMK Abdurrab," jelasnya.

Pembangunan Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Haritage Gedung Raja Ahmad Tengku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah ini sebagai dedikasi Yayasan Abdurrab turut serta menjaga dan memajukan budaya Melayu di Negeri Lancang Kuning. 

"Rumah adat ini menunjukkan bukti cinta kami terhadap Riau," kata Susi.

Penamaan Gedung Raja Ahmad Tengku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah ini pihaknya meminta masukan dari tokoh masyarakat dan budayawan Riau diantaranya Rida K Liamsi dan Ok Nizamil. Dari tokoh tersebut didapatlah nama Raja Ahmad Tengku Haji Tua Bin Raja Haji Fisabilillah.

Sementara itu, Rektor Universitas Abdurrab, Prof Susi Endriani SSi MSc PhD mengatakan bahwa bertepatan dengan Milad ke 17, Universitas Abdurrab sangat banyak meraih prestasi. Diantaranya, Universitas Abdurrab menempati posisi ke-2 dari 68 perguruan tinggi di Riau dan peringkat ke 463 dari 3.300 PTN/PTS seluruh Indonesia.

Kadis Kebudayaan Riau, Yoserizal Zein mewakili Gubernur Riau mengatakan bahwa pemprov Riau mengapresiasi upaya Yayasan Tabrani yang ikut melestarikan budaya Melayu dengan membangun gedung adat.

Tokoh masyarakat Riau Ok Nizamil mengaku sangat bahagia dengan diresmikannya Rumah Adat Riau Abdurrab Malay Heritage. Ia berharap rumah adat ini akan menjadi pelopor dalam menjaga dan memajukan adat Melayu. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index