Tapir Besar di Siabu Kampar Ini Viral Setelah Bisa Difoto dan Dipegang-pegang...

Tapir Besar di Siabu Kampar  Ini Viral Setelah Bisa Difoto dan Dipegang-pegang...
Tapir yang ditemukan warga di Siabu Kampar.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Seekor tapir diduga berumur dewasa ramai menjadi pembahasan khalayak di Riau beberapa hari terakhir. 

Pasalnya, tapir ini  terlihat jinak bahkan bisa dipegang-pegang oleh warga. 

Video penampakan satwa dilindungi ini sedang dipegang saat ditemukan warga di perkebunan kelapa sawit milik PT Ciliandra Perkasa di Desa Siabu, Kecamatan Salo, Kampar itu ramai menjadi pembahasan publik karena jarang sekali saat ini di Riau populasi tapir bisa ditemukan. 

Kalau pun ditemukan,biasanya berada di dalam kawasan hutan dan tidak terjangkau oleh aktivitas manusia. 

Pasca vido viral tentang beberadaan tapir di kebun perusahaan tersebut, BBKSDA, sesuai dengan postingannya langsung melakukan mitigasi untuk memastikan lokasi persis keberadaa tapir tersebut.

Kepala BBKSDA RIau, Genman Hasibuan memerintahkan sejumlah tim lapangan untuk memastikan keberadaan tapir tersebut pada Kamis (1/9/2022).

Namun, saat petugas sampai di lokasi di duga tempat ditemukan, tapir itu sudah tidak berada di tempat. 

Pihak perusahaan membenarkan adanya tapir yang berada di perkebunannya, yang muncul pada hari Senin, 29 Agustus 2022.

Kemudian mereka bersama turun ke lokasi ditemukannya satwa tersebut. Menurut keterangan asisten kebun, saat itu para pekerja panen menemukan seekor tapir sedang beristirahat di perkebunan. Beberapa pekerja berfoto dan mengabadikan video tapir kemudian di uplodnya ke sosial media. Namun keesokan harinya, Selasa, 30 Agustus 2022, tapir sudah tidak ada lagi di lokasi.

Diperkirakan tapir tersesat ke perkebunan dan telah menemukan jalannya kembali.

Pada kesempatan tersebut, Tim menyampaikan sosialisasi kepada pihak perusahaan untuk tidak melakukan tindakan yang membahayakan satwa yang dilindungi tersebut, dan menghubungi petugas Resort Balai Besar KSDA Riau terdekat bila mengalami hal serupa.(R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index