Bawaslu Rohul Pastikan Penerimaan Panwascam Berjalan Transparan

Bawaslu Rohul Pastikan Penerimaan Panwascam Berjalan  Transparan
Ketua Bawaslu Rokan Hulu , Fajrul Islami SH MH.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Ketua Bawaslu Kabupaten Rokan Hulu, Fajrul Islami SH MH  memastikan penerimaan Panwascam yang dilaksanakan beberapa hari yang lalu berlangsung dengan transparans.

"Ujian Computer Asisted Test (CAT) dilaksanakan  sesuai mekanisme dan pedoman tekhnis surat keputusan Bawaslu RI nomor 354," tutur Pria  yang pernah menjadi Advokat ternama di Bumi Lancang Kuning.

Menurut Fajrul Islami SH MH, penerimaan Panwascam tersebut tidak ada kesempatan peserta test untuk berbuat curang sebab room peserta baru dikirim operator 5 Menit sebelum ujian di mulai

"Selanjutnya untuk operator dan pengawas dari pokja pembentukan Panwaslu kecamatan tidak tahu menahu tentang hal tersebut dikarenakan  ID dan Room semuanya diatur Bawaslu Provinsi," katanya

  "Tidak benar tudingan bahwa soal sudah bocor dan ada peserta yang bisa mengerjakan soal duluan karena semua peserta dipersilahkan melihat infocos dan memilih tempat duduk dan PC yang kosong," tegas Fajrul.


Lanjutnya menjelaskan adanya pemindahan sesi salah satu peserta dilakukan setelah berkonsultasi dengan Bawaslu Provinsi dan operator provinsi selanjutnya pemindahan sesi kita tuangkan dalam Berita Acara (BA) Pokja.

"Dua orang Calon peserta seleksi panwascam dari kecamatan Tambusai berhalangan hadir sesuai jadwal ujian tertulis 14 Oktober. Tetapi keduanya ikut ujian pada jadwal tertulis kecamatan lainnya pada 16 Oktober sesi 3," ujarnya.

Sementara dikatakan,  Ketua Pokja Seleksi Panwascam Yurnalis S.Sos, MA bersama komisioner lainnya, ini teknis di lapangan dan melalui pertimbangan salah satu peserta

"Dia ingin ikut ujian tapi berhalangan," ujarnya.

Menurut Yurnalis, hal tersebut sudah sesuai prosedur, karena sudah ada persetujuan dari Komisioner Bawaslu Provinsi  Hasan MSi.

"Salah seorang Peserta dari Kecamatan Tambusai tersebut sudah menyampaikan langsung kepada Ketua Bawaslu Rohul melalui pesan singkat WhatsApp ," ungkapnya

"Kemudian mengirim foto foto kemalangan di rumah dan yang satu orang lagi sedang sakit di kala itu," tuturnya.

"Kalau yang peserta orang tua meninggal Saya dapat informasi dari ketua menunjukkan pesan singkat dan foto foto dari WhatsApp nya, dan meminta bisa ikut ujian dihari lain," ujar Yurnalis.

Ketika ditanya wartawan bagaimana seorang peserta seleksi Panwascam bisa menghubungi langsung secara personal dengan ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami SH MH.

Hal itu langsung dibenarkan  Ketua Bawaslu Rohul Fajrul Islami SH MH.

"Ya, nomor kontak saya ada di situ, siapa saja bisa menghubungi sepantas itu beretika. Mengenai salah satu peserta yang menghubungi Saya sampaikan itu kepada ketua Pokja bukan keputusan saya dan itu tidak masalah dan saya siap itu,"  ujar ketua Bawaslu Rohul.

Pernyataan Fajrul Islami ini, menepis dugaan tidak transparannya penerimaan calon peserta Panwascam oleh Bawaslu Rokan Hulu saat ini yang sedang berlangsung untuk kepentingan Pemilu 2024.(R19)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index