Sempat Macet Berjam-jam, Kini Jalan Lintas Timur Pekanbaru-Pangkalan Kerinci Sudah Lancar Kembali

Sempat Macet Berjam-jam, Kini Jalan Lintas Timur Pekanbaru-Pangkalan Kerinci Sudah Lancar Kembali
Macet parah di Jalan Lintas Timur Sumatera Pekanbaru-Pangkalan Kerinci berlangsung berjam-jam.

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM)- Sempat mengalami kemacetan parah pada Jumat dan Sabtu (28-29/10/2022) lalu, kini ruas jalan Pekanbaru-Pangkalan Kerinci di sekitaran Kiyap Jaya sudah kembali lancar.

Dari pantauan riausky malam tadi, kondisi arus lalu lintas yang padat tak lagi terganggu oleh aksi buka tutup jalan yang  berlangsung selama berjam-jam.

Sebelumnya, pada Jumat (28/10/2022) malam, akses jalan lintas sumatera di Kiyap Jaya itu macet parah, setelah satu unit truk dilaporkan terguling di badan jalan yang saat ini masih dalam proses pekerjaan rigit beton.

Kondisi tersebut ternyata menyebabkan kemacetan panjang hingga berjam-jam, sehingga akhirnya pengguna jalan disarankan untuk menggunakan jalur alternatif melalaui jalan  lintas Langgam-Pangkalan Kerinci.

Ternyata, kemacetan masih terus berlanjut hingga keesokan harinya, Sabtu (29/10/2022), dimana kemacetan terpantau mengular sejauh hampir 20 kilometer.

Kemacetan terjadi hanya satu arah, yakni dari ruas  Pekanbaru menuju Pangkalan Kerinci, sementara arah berlawanan terpantau lancar.

Sejumlah sopir truk mengaku mereka sudah antre selama 4 jam di jalur macet itu.

''Sudah 4 jam aku bang disini. Kemarin kan memang ada motor terguling, kalau ini belum tahu, katanya ada amblas di dekat jembatan di Kiyap Jaya, dekat sekolah SD,''ungkap Toni, salah seorang sopir.

Kemacetan itu membuat banyak pemilik kendaraan yang menggunakan jalur alternatif Langgam dengan memutar dari titik macet. Namun, mayoritas pengguna kendaraan mengikuti arus macet yang terus mengular.

Dari pantauan, kondisi macet terparah terjadi mulai dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 14.30 WIB.

Sekitar pukul14.30 WIB, akses jalan akhirnya berhasil dibuka kembali lancar.

Tampak sejumlah personel kepolisian dan TNI juga petugas perbaikan jalan PT Adhi Karya  berjaga di satu titik yang terlihat seperti baru saja ditimpun menggunakan semen padat.

Ruas jalan Lintas SUmatera Pekanbaru-Pangkalan Kerinci sendiri sejauh ini memang termasuk jalur padat yang banyak mendapatkan perbaikan akses jalan saat ini.

Tak hanya di Kiyap Jaya, perbaikan jalan juga dilakukan di tikungan sebelum memasuki Kilometer 50 sebelum sampai ke  akses jalan Bhakti Praja Pangkalan Kerinci.

Perbaikan jalan dengn buka tutup juga terjadi di sekitaran   jembatan kembar rute Pangkalan Kerinci-Dundangan.

Namun, aksi buka tutup di dua titik terakhir tidak menyebabkan kemacetan parah.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index