Survei Voxpol: Anies Teratas Disusul Ganjar dan Prabowo

Survei Voxpol: Anies Teratas Disusul Ganjar dan Prabowo
Anies Baswedan

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Hasil survei Voxpol Center Research & Consulting menunjukkan tingkat elektabilitas Anies Baswedan masih unggul dari bakal calon presiden lainnya.

Direktur Eksekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago mengatakan dari hasil survei, Anies menempati urutan top of mind capres dengan tingkat elektabilitas 23,6 persen.

"Dalam pertanyaan terbuka terkait pilihan presiden nama Anies berada pada peringkat pertama, disusul Ganjar Pranowo (22 persen), dan Prabowo Subianto (18,6 persen)," kata Pangi dalam paparan hasil survei di Jakarta Pusat, Jumat (18/11).

Dalam survei Voxpol tersebut, baik Anies, Ganjar, dan Prabowo konsisten berada di tiga teratas dalam simulasi 16 nama maupun simulasi 10 nama.

Voxpol menemukan pada simulasi 16 nama tingkat elektabilitas Anies 26,1 persen. Kemudian disusul Ganjar 25 persen, dan Prabowo 20,7 persen.

Sementara, dalam simulasi 10 nama, Ganjar berada di posisi teratas dengan 25,8 persen, disusul Anies 25,4 persen, dan Prabowo Subianto 21,1 persen.

Hasil survei itu juga menunjukkan pemilih Anies mayoritas ada di wilayah Sumatra, DKI-Banten, Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku-Papua. Sedangkan, pemilih Ganjar mayoritas di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, serta Bali-NTT-NTB.

Sementara, pemilih Prabowo mayoritas ada di wilayah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali-NTB-NTT, Sulawesi, dan Maluku-Papua.

"Jika dilihat dari elektabilitas secara personal, peluang Anies lebih besar dibandingkan Ganjar dan Prabowo, begitu juga Ganjar lebih berpeluang dibandingkan dengan Prabowo," kata Pangi.

"Namun, selisih jarak elektabilitas masing-masing kandidat masih dalam batas range margin of error, masih sangat tipis, kompetitif dan sangat dinamis ke depannya," imbuhnya.

Oleh karena itu, menurut Pangi, komposisi partai pengusung dan kombinasi calon wakil presiden akan sangat menentukan elektabilitas akhir dari masing-masing kandidat.

Survei Voxpol dilakukan 22 Oktober hingga 7 November 2022. Survei dilakukan ke 1.220 responden menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 2,81 persen.

Pada hari yang sama, lembaga survei SSI yang merilis kajian mereka menemukan Prabowo bisa unggul atas Ganjar dan Anies jika pilpres mendatang herlangsung selama dua putaran.

Survei SSI membuat dua simulasi pilpres dari sejumlah nama capres potensial saat ini. Dari dua simulasi tersebut, Prabowo selalu unggul alias menang jika pilpres berlangsung dua putaran.

Pada simulasi itu, pilpres diprediksi akan berjalan dua putaran dengan Ganjar dan Prabowo masuk pada putaran kedua. Ganjar unggul dengan elektabilitas sebanyak 28,6 persen, Prabowo 26,3 persen, Anies 23,3 persen, dan Puan 0,7 persen.

Namun, pada putaran kedua melawan Ganjar, Prabowo unggul dengan elektabilitas mencapai 35,3 persen.(R02)

Sumber Berita: cnnindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index