Pj Wako Pekanbaru Serahkan Bantuan Baznas untuk Mustahik Masjid Al-Anshor Panam

Pj Wako Pekanbaru Serahkan Bantuan  Baznas untuk Mustahik Masjid Al-Anshor Panam

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pejabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun, S. STP, M.AP menghadiri penyerahan bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru untuk mustahik korban kebakaran yang dilaksanakan di halaman Masjid Al-Anshor, Perumahan Nusa Indah, RW 021, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru.

Kegiatan penyerahan bantuan BAZNAS Kota Pekanbaru yang juga diikuti Pj Seketaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nst, ST, M.Si, Ketua Komisioner Baznas Kota dan kepala OPD pemerintah Kota pekanbaru, Lurah Sialangmunggu dan Ketua RW 021 Kelurahan Sialangmunggu Riki Sonata, ST serta segenap pengurus dan jamaah Masjid Al-Anshor, BKMT Sialangmunggu dan segenap warga kelurahan Sialangmunggu.

Dalam kesempatan ini Ketua RW 021 Kelurahan Sialangmunggu, Riki Sonata ST menyampaikan bahwa pada bulan November kemarin, rumah Misnawati dan keluarga mengalami musibah kebakaran yang menghanguskan rumah dan seluruh isi barang miliknya. setelah kejadian tersebut melalui musyawarah perangkat RW, pengurus Masjid, warga dan pihak keluarga, disepakati untuk berupaya membangun kembali rumah untuk warga yang tertimpa musibah dengan mengumpulkan bantuan dana dari warga dan jamaah Masjid Al-Anshor, bantuan dari pihak keluarga serta dari organisasi kemasyarakatan yang menyampaikan simpati atas kejadian kebakaran yang menimpa Misnawati.

Dalam sambutannya Ketua Pengurus Masjid Al-Anshor, Jos Bendri, ST, M.Si menyampaikan bahwa Masjid Al-Anshor selain menggalang dana dari infaq jamaah, juga mengusulkan bantuan untuk mustahik Masjid Al-Anshor kepada BAZNAS Kota Pekanbaru melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid Al-Anshor Alhamdulillah, BAZNAS Kota Pekanbaru melalui program rumah layak huni menyalurkan dana zakat masyarakat kota pekanbaru senilai 25 juta rupiah kepada mustahik UPZ Masjid Al-Anshor untuk membantu biaya pembangunan kembali rumah warga yang tertimpa musibah kebakaran,  pada saat ini rumah beliau sudah kembali dibangun," ujar Jos Bendri.

Ketua Masjid Al-Anshor juga menyampaikan bahwa salah satu hikmah dari musibah ini adalah menguatnya kembali semangat gotong royong dari warga dan jamaah  dan juga merevitalisasi peran masjid dimana masjid selain difungsikan sebagai Bailtullah tempat dilaksanakannya ibadah mahdhah seperti sholat, zakat, puasa, dan ibadah lain yang ditetapkan oleh syariah islam, Masjid juga berfungsi sebagai Baitul Muammalah untuk memberikan pemberdayaan ekonomi umat dan Baitul Maal untuk wadah menyalurkan zakat, infaq, sedeqah dan wakaf kepada sesama jamaah yang membutuhkan, sehingga harta yang dimiliki memberikan kemaslahatan kepada umat dan berkah kepada yang orang dititpkan Allah SWT kelebihan harta yang dimiliki seperti halnya acara yang kita taja ini dalam rangka menyampaikan amanah muzakki-muzakki yang sudah menyapaikan zakat mereka melalui amil zakat pemerintah kota pekanbaru yakni Baznas Kota Pekanbaru kepada orang-orang yang berhak menerima zakat (mustahik).

Ketua Baznas Kota Pekanbaru, DR. H.Endar Muda mengatakan, kepala daerah merupakan amil zakat. Hanya saja, tugasnya dalam menghimpun zakat didelegasikan kepada Baznas. Untuk tahun 2022, zakat yang dikumpulkan di Baznas Kota Pekanbaru mengalami kenaikan sangat signifikan sekitar 40 persen dibandingkan tahun lalu, sampai dengan saat ini sudah lebih dari Rp9 miliar. Pada tahun depan, zakat yang dikumpulkan dari muzakki ditargetkan mencapai Rp12 miliar. 

Dalam pengarahan yang disampaikan oleh Pejabat Wali Kota Pekanbaru pemerintah kota pekanbaru senantiasa mendukung  pengembangan manajemen yang amanah, profesional dan transparan dalam mengelola zakat dari Baznas Kota Pekanbaru, agar menjangkau muzakki dan mustahik seluas-luasnya, dan Baznas mampu memperkuat jaringan organisasi dengan terus membentuk UPZ-UPZ di setiap Masjid dan Mushallah di Kota Pekanbaru untuk meningkatkan pengumpulan zakat. 

Pj Wali Kota mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa membayarkan zakat sebagai wujud kepedulian antar sesama, "Kami juga akan membantu warga terkena musibah di daerah lain dengan menggunakan dana Baznas. Makanya, mari kita berzakat. Agar zakat ini bisa disalurkan ke warga yang membutuhkan," ucap Muflihun.

Rangkaian acara yang diawali dengan sholat zuhur berjamaah di Masjid Al-Anshor juga diisi dengan penampilan dari Tim Hadroh Riyadatusholihin yang melantunkan salawat dan doa serta diakhiri dengan makan Bersama dengan Pj Walikota Pekanbaru beserta rombongan. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index