Digelar Juni 2023, Provinsi Riau Jadi Tuan Rumah Virtual Expo BBI

Digelar Juni 2023, Provinsi Riau Jadi Tuan Rumah Virtual Expo BBI
Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia (BBI)

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) – Provinsi Riau dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ditetapkan sebagai tuan rumah kegiatan Virtual Expo Bangga Buatan Indonesia (BBI) pada bulan Juni 2023 mendatang yang ditaja oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia berkerja sama dengan PT Telkom Indonesia. Jum’at, (20/1/2023).

Direncanakan sebanyak 25 UMKM dari Provinsi Riau akan mengikuti kegiatan Virtual Expo ini. Dimana masing – masing UMKM akan mempromosikan lima produk unggulannya.

Gerakan nasional (Gernas) BBI sendiri merupakan program pemerintah dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia. Dengan adanya gernas BBI ini konsumen diharapkan lebih memilih barang-barang buatan dalam negeri, terlebih produk UMKM.

Termasuk pemerintah yang akan mengutamakan produk UMKM untuk pengadaannya. UMKM dan ekonomi Indonesia akan berjaya di negeri sendiri.

Untuk mengikuti Virtual Expo tersebut, pertama - tama pengunjung harus mengakses website metanesia.id.

Kemudian pengunjung akan diminta untuk memilih avatar yang akan digunakan, barulah selanjutnya pengunjung dibawa kedalam dunia metaverse.

Didalamnya pengunjung dapat menjelajahi boots – boots UMKM yang menjajakan berbagai macam produk dengan kearifan lokalnya, berinteraksi dengan penjual hingga melakukan transaksi online.

“Ini agak beda dari sebelumnya. Disini nanti yang hadir memang sebuah bentuk interaksi. Jadi misalnya teman – teman dari BPOM, Perbankan, Kementerian juga bisa hadir. Jadi bisa saling berkomunikasi,” jelas Anton Pramono selaku Head of Emerging Technology Platform PT Telkom Indonesia.

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan penjual dan melakukan transaksi secara online. Tak hanya itu, didalam Virtual Expo tersebut juga terdapat beberapa ruang lain seperti ruang virtual stage dan ruang konsultasi.

“Jadi disetiap area itu nanti akan ada stage untuk menampilkan kesenian lokal,” ujar Anton.

Menaggapi hal ini Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, SF Hariyanto menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya untuk mensukseskan program Gernas BBI, selain pemerintah, masyarakat diharapkan juga dapat ikut andil. Salah satunya dengan cara berbelanja produk lokal dan berwisata di dalam negeri.

“Artinya mulai dari kita sendiri. Menjaga jangan keluar negeri. Dengan adanya wisata, UMKM kita betul – betullah standarnya itu dinaikkan. Kalau kita sudah punya produk misalnya asli buatan Pekanbaru, salah satu hak patennya kita masukkan ke hak atas kekayaan intelektual (HAKI),” terang Sekda. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index