Panitia Klaim Persiapan Festival Subayang Sudah 80 Persen Lebih

Panitia Klaim Persiapan Festival Subayang Sudah 80 Persen Lebih
Dody Rasyid Amin, Ketua Panitia Festival Subayang/Dok. Istimewa

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Panitia Festival Subayang menyebut kalau persiapan untuk pelaksanaan kegiatan saat ini sudah 80 persen lebih dan terus dimatangkan.

Demikian disampaikan oleh Dody Rasyid Amin selaku Ketua Panitia Festival Subayang kepada riausky.com, Kamis (9/3/2023) malam.

Menurut dia, tak ada kendala berarti yang dihadapi oleh panitia dalam menyiapkan kegiatan yang akan digelar di Desa Gema, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar itu, pada 10-12 Maret 2023 mendatang.

"Sejauh ini sudah 80 persen lebih, ini terus kita maksimalkan persiapannya, apalagi vendor juga masih bekerja, kita optimis ini bisa berjalan sesuai jadwal," ujarnya.

Beberapa yang saat ini telah selesai dikerjakan seperti panggung acara, paket-paket wisata yang nantinya akan ditawarkan kepada pengunjung Festival Subayang, pengisi-pengisi acara juga sudah siap.

"Yang sedang kita kebut saat ini adalah menyiapkan booth bazar, ini sedang dikerjakan juga," tambahnya.

Terkait kondisi air sungai, menurutnya saat ini sangat baik dan sangat mendukung untuk kegiatan Festival Subayang tahun ini.

Namun begitu, ada satu rangkaian acara yang dibatalkan, yaitu lomba memancing, sementara untuk acara panen di lubuk larangan menurutnya akan melihat kondisi di lokasi saat acara nanti.

Terkait target pengunjung, pihaknya menargetkan sebanyak mungkin, namun yang pasti dia berharap paket-paket wisata yang ditawarkan bisa terjual habis.

Sementara itu, terkait kesiapan dan antusias warga, dia mengatakan kalau masyarakat sangat antusias dengan rencana kegiatan ini dan sangat mendukung sekali.

"Kita berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan sukses, aman dan lacar, kami harapkan dukungan dan doanya," harap Dody.

Sebagai catatan, ada banyak kegiatan yang nanti dilakukan pada acara Festival Subayang ini, satu di antaranyanya adalah Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. Bakal dimeriahkan dengan penampilan lokal performing art, sajian bazar produk lokal, bazar produk binaan, dan tradisi panen ikan lubuk larangan.

Selain itu, juga ada atraksi Semah Rantau, camping ground, parade perahu hias, jamuan tengah sungai, tubing (water sport), serta field trip di 5 destinasi unggulan di kawasan Bukit Rimbang Baling.

Tak cuma itu, Festival Subayang tahun ini juga disertakan acara peluncuran Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Wisata di Indonesia (BWI). Dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2023 di Desa Gema.

Acara ini merupakan bentuk komitmen Pemprov Riau untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat, tentang dorongan penggunaan produk lokal atau produk dalam negeri dari UMKM.

Untuk diketahui, Provinsi Riau ditunjuk Kementerian Kemaritiman dan Investasi menjadi salah satu dari 12 provinsi di Indonesia menjadi penyelenggara gerakan Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI).

Sebelumnya, Pemprov Riau juga telah membentuk Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Tim ini untuk menyukseskan Gernas BBI pada pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Pembina Tim P3DN Riau, adalah Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Tim pengarahnya Sekda Provinsi Riau, Kepala BI Riau, Kepala OJK Riau, Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Riau, dan stakeholder lainnya.

Tujuan dari BBI tersebut untuk membangkitkan UMKM, ekonomi masyarakat dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Riau yang akan dilaksanakan selama tiga bulan, mulai diluncurkan pada Maret ini dan puncaknya di bulan Juni 2023. Pemprov sebagai penyelenggaranya, dan di support oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI). (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index