Manfaat Senyum untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Manfaat Senyum untuk Kesehatan Jiwa dan Raga
Ilustrasi/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Kamu tau nggak, tersenyum bisa menjaga kesehatan jiwa dan ragamu, lho. Bahkan, keramahaan dan kebahagiaan yang terpancar saat kamu tersenyum juga bisa menular ke orang di sekitarmu. Kok, bisa? Yuk simak penjelasannya di artikel ini.

Senyum bisa punya beragam makna, mulai dari menunjukkan perasaan senang atau puas, mengungkap kasih sayang dan kepercayaan, atau sebagai bentuk keramahan. Senyum dengan makna-makna seperti ini tentunya mendatangkan banyak manfaat.

Namun, ada juga senyum yang tanpa makna, senyum palsu, atau senyum sinis. Biasanya, senyum palsu bertujuan untuk menghina atau merendahkan orang lain.

Manfaat Senyum untuk Kesehatan
Walaupun terkesan sederhana, senyum bisa mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan kita, di antaranya:

1. Membahagiakan diri sendiri
Membahagiakan diri sendiri memang bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan tersenyum. Kamu bisa mengingat hal-hal baik yang terjadi padamu dan bersyukur untuk setiap proses yang ada sembari tersenyum.

Senyum yang diiringi dengan rasa syukur akan membantu tubuh melepaskan hormon dopamin dan serotonin di dalam tubuh, sehingga suasana hati bisa menjadi lebih baik dan timbul rasa bahagia.

2. Meredakan stres

Saat sedang stres atau hari yang dijalani terasa melelahkan, coba deh bercermin, lihat dirimu, ucapkan afirmasi positif, sekaligus berterima kasihlah kepada dirimu yang sudah kuat, lalu tersenyum.

Walaupun awalnya terasa kurang nyaman, ekspresi wajah tersenyum ini ternyata dapat “mengelabui” dan memicu reaksi kimia di otak yang berperan penting dalam membangkitkan perasaan bahagia.

Selain itu, afirmasi positif yang kamu ucapkan pun bisa membangkitkan ketenangan. Dengan begitu, stres berangsur-angsur akan menghilang.

3. Membuat diri terlihat lebih menarik
Membiasakan diri untuk tersenyum dapat memberi kesan kalau kamu adalah orang yang ramah, hangat, dan punya positive vibes. Bahkan, bila kamu memberikan senyuman tipis saat sedang berbicara dengan orang lain, auramu mungkin akan lebih terpancar dan terlihat menarik.

4. Meningkatkan rasa percaya diri
Ketika kamu sudah bisa membiasakan diri untuk tersenyum, kamu akan tampak lebih percaya diri saat berbicara dengan orang lain atau mengerjakan sesuatu. Hal ini bisa memberimu kesempatan lebih besar untuk meraih kesuksesan, baik dalam lingkup sosial maupun pekerjaan.

5. Mempererat hubungan dengan orang lain
Saat momen terasa kaku dan bingung harus mulai percakapan dari mana, cobalah untuk tersenyum lebih dahulu. Secara tidak langsung, senyumanmu akan membuat orang yang menjadi lawan bicaramu lebih nyaman dan kekakuan berangsur mereda.

Senyum juga bisa bisa membuat hubunganmu dengan orang lain lebih langgeng. Saat tersenyum, orang lain mungkin saja bisa merasa lebih nyaman dan diterima, sehingga dapat membantu membangun hubungan dan mempererat ikatan sosial.

6. Menularkan kebahagiaan
Percaya nggak kalau senyum itu menular? Tersenyum tidak hanya dapat meningkatkan suasana hatimu, tetapi juga bisa memperbaiki mood orang yang melihatnya. Hal ini terjadi karena tanpa sadar otak akan berusaha memahami dan mengikuti emosi lawan bicaranya.

7. Mencegah flu
Kebiasaan tersenyum dan mencegah flu memang tidak terkait secara langsung. Namun, dengan terbiasa senyum, fungsi kekebalan tubuh dapat meningkat karena tubuh lebih relaks dan merasa bahagia. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit, termasuk flu.

8. Meredakan nyeri
Sama halnya dengan mencegah flu, senyum juga tidak berkaitan langsung dengan meredakan nyeri. Akan tetapi, ketika kamu tersenyum dan merasa bahagia, tubuh melepas hormon endorfin sebagai obat pereda nyeri alami. Jadi, bisa dikatakan kalau senyum adalah obat alami.

Meski punya banyak manfaat, bukan berarti kamu harus tersenyum sepanjang waktu hingga menunjukkan gestur yang membuat orang memandangmu aneh, ya. Selain itu, kebiasaan senyum berlebihan, apalagi jika kamu juga sering menyipitkan mata, bisa memicu terbentuknya kulit keriput.

Senyum merupakan hal sederhana yang bisa mendatangkan manfaat bagi kesehatan jiwa dan raga. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkannya, ya. Jangan lupa untuk tersenyum, hari ini. (R04)

Sumber Berita :alodokter.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index