Rangkaian Gernas BBI dan BWI

Hadirkan Kurator Nasional, BI Gelar Kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau

Hadirkan Kurator Nasional, BI Gelar Kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau
Foto bersama peserta kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau/Dok. Riausky.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Masih dalam rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), Bank Indonesia menggelar kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau: Fashion, Kriya, dan Food, Senin (20/3/2023) di salah satu hotel di Pekanbaru.

Kegiatan yang melibatkan 80 peserta UMKM ini diharapkan nanti mampu menghasilkan produk-produk UMKM yang berkualitas, bervariasi dan mampu untuk dipasarkan secara nasional dan internasional.

Terkait dengan kegiatan ini, Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Muhamad Nur didampingi oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Maria Cahyaningtyas dan Kepala Tim Implementasi KEKDA Dini Nur Setiawati, mengatakan Kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau: Fashion, Kriya, dan Food ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gernas BBI dan BWI di mana Riau menjadi salah satu tuan rumah GBBI-GBWI bersama dengan 11 provinsi lainnya.

"Kegiatan Gernas BBI dan BWI di provinsi Riau dilaksanakan melalui sinergi dan peran aktif Pemerintah Daerah, Otoritas Jasa Keuangan, dan Bank Indonesia serta instansi lainnya dan akan mencapai puncaknya pada Juni 2023 mendatang," sebutnya.

M Nur meelanjutkan, sebelum menggelar kegiatan ini, ada sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Bank Indonesia bersinergi dengan Pemda dan OJK.

"Seperti Business Matching Ekspor dengan Nusantara Fashion House dan Kerajaan Negeri Melaka, Malaysia, pada tanggal 3-5 Februari 2023, ada juga One-on-One Meeting Ekspor dengan Grein Australia Pty Ltd, Australia, pada 9 Februari 2023 lalu," katanya.

Selanjutnya ada Kick Off GBBI-BBWI di Festival Subayang, Kampar, pada 10-12 Maret 2023, Training of Trainer (ToT) Aplikasi Pencatatan Keuangan SIAPIK pada 7-8 Maret 2023.

"Beberapa hari lalu ada Pelatihan SIAPIK untuk UMKM pada 16-17 Maret 2023 dan juga Trade and Tourism Mission (TTM) di Malaysia pada tanggal 17 s.d. 20 Maret 2023".

Sementara untuk hari ini ada 2 kegiatan yang dilaksanakan bersamaan yaitu kurasi Produk UMKM Unggulan Riau: Fashion, Kriya, dan Food yang dilakukan pada hari ini hingga Selasa 21 Maret 2023 bersamaan juga dengan kegiatan On Boarding UMKM yang diselenggarakan pada hari ini hingga Selasa 21 Maret 2023 oleh OJK Riau di Kantor OJK.

Ditambahkannya, kegiatan Kurasi Produk UMKM Unggulan Riau: Fashion, Kriya, dan Food Riau merupakan acara tahunan KPwBI Riau, bertujuan untuk menilai value added produk UMKM, meningkatkan kualitas produk, menciptakan diversifikasi produk, serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang tren atau perkembangan pasar bagi UMKM, agar dapat memenuhi kebutuhan dan selera konsumen yang lebih luas.

"Harapan kita, naninya produk food, fashion, dan kriya Riau dapat naik kelas dan mampu berkompetisi di pasar nasional maupun global," harapnya.

Sementara itu, untuk tujuan jangka pendek, kegiatan ini dimaksudkan mencari UMKM unggulan Riau untuk diikutsertakan dalam berbagai kegiatan Bank Indonesia level nasional dan internasional, antara lain Karya Kreatif Indonesia (KKI), Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF), Pameran Keketuaan ASEAN 2023, Harvesting GBBI-BBWI Riau 2023, dan event strategis lainnya.

"Nantinya, UMKM terbaik dari masing-masing kategori akan kami fasilitasi pembuatan katalog produk dan jika telah memiliki katalog produk akan kami tingkatkan lagi katalog produknya."

Dia mengharapkan juga kepada peserta UMKM dapat menindaklanjuti masukan dari para kurator yang sudah ahli di bidangnya, sehingga kualitas produknya dapat meningkat.

"Saya berharap Riau tidak hanya jadi pusat industri kelapa sawit semata, tapi juga jadi pusat UMKM unggulan di Indonesia," pungkasnya.

Sebagai catatanm ada pun para kurator yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Chef Degan Septoadji (Chef Nasional, Juri Masterchef), Chef Bonnie Susilo (Co-Founder dan CMO Ultra, start-up di bidang food manufacturing) untuk kurasi food dan Wignyo Rahadi (Desainer Nasional, Owner Tenun Gaya), Eko Tjandra (Desainer Nasional, Official Designer Miss Grand International 2022), Tuty Adib (Desainer Nasional, Owner Bilqis by Tuty Adib) untuk kurasi fashion dan kriya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index