BI Riau Siapkan Rp 5,6 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri

BI Riau Siapkan Rp 5,6 Triliun untuk Kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri
Bank Indonesia (BI) meluncurkan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023, Selasa (21/3/2023)/Dok.Riausky.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka memastikan kebutuhan uang saat Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) meluncurkan kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2023, Selasa (21/3/2023).

Kepala BI Provinsi Riau, Muhamad Nur, mengatakan kalau kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan uang, terlaksananya layanan kas serta edukasi dan komunikasi.

"Untuk wilayah Riau, BI memperkirakan kebutuhan uang selama ramadan dan idul fitri sebesar Rp5,6 triliun atau meningkat 2,45 persen dibandingkan realisasi tahun 2022 lalu sebesar Rp 5,4 triliun," ujarnya.

Sementara secara nasional, BI menyiapkan Rp 195 triliun atau naik 8,22 triliun dibandingkan realisasi tahun 2022 lalu sebesar Rp 180 triliun.

M Nur mengharapkan nantinya kecukupan kebutuhan uang masyarakat melalui perbankan dengan jumlah uang yang cukup, pecahan yang sesuai dan dalam jumlah kondisi yang kayak edar.

"Kita juga harapkan adanya peningkatan awareness masyarakat terkait cinta, bangga dan paham rupiah selama ramadan".

Berkaitan dengan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK), BI menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat-tempat penukaran resmi.

Masyarakat dapat melakukan penukaran uang di seluruh unit/cabang perbankan di wilayah Riau, Kas Keliling Bank Indonesia, atau pada kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan. Hal itu bertujuan untuk menghindari risiko pengedaran uang palsu dan dapat lebih akurat dalam jumlah uang yang diterima serta tanpa adanya biaya tambahan.

Pemenuhan kebutuhan uang kartal oleh BI dan perbankan sudah dapat diperoleh masyarakat mulai tanggal 21 Maret — 20 April 2023.

"Sementara untuk Layanan Penukaran Uang Bersama Bank Indonesia dan Perbankan akan dilaksanakan pada tanggal 10, 11 dan 12 April 2023 di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau. Untuk mengetahui informasi jadwal Kas Keliling Bank Indonesia dan melakukan pemesanan, masyarakat dapat mengakses situs pintar.bi.go.id." tandasnya. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index