Tak Cuma Nenas dan Mangrove, Kampung di Siak Ini juga Punya Beting Selayang yang Memesona

Tak Cuma Nenas dan Mangrove, Kampung di Siak  Ini juga Punya Beting Selayang yang Memesona
Beting Selayang di Kampung Tanjung Kuras, Sungai Apit Siak.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Kampung Tanjung Kuras, kecamatan Sungai Apit kabupaten Siak, memiliki objek wisata tak kalah menarik dengan daerah lain.

Terletak di pesisir Timur kabupaten Siak, Desa Wisata Beting Selayang.

Selain terkenal kampung penghasil nenas terbesar di Kabupaten Siak. 

Kampung Tanjung Kuras dikenal sebagai Desa Kaligrafi. Selain itu, desa ini pula mendapat julukan sebagai Desa Anyaman Pandan.

Penghulu Tanjung Kuras Harisyah mengatakan yang menjadi daya tarik, kampungnya selain perkebunan nenas, juga kampungnya memiliki pantai beting berpasir putih dan hutan mangrove.

"Yang menjadi daya tarik dari Desa Wisata Beting Selayang adalah potensi wisatanya adalah hutan mangrove dan jalan setapak, pengunjung bisa memanen dan makan nenas di kebunnya langsung. Kami juga menjual cinderamata yang terbuat dari pandan dan oleh-oleh berbahan dasar nenas. Termasuk bagi pengunjung yang gemar dengan seni kaligrafi, anak-anak muda kita bisa mengajarkannya,"ujarnya di Siak, sebagaimana dikutip dari laman media center siak, Senin (27/3/2023).

Beting Selayang, termasuk potensi wisata agrowisata dan ekowisata hutan mangrove, yang terjaga dengan baik.

Masyarakat Kampung Tanjung Kuras rata-rata bekerja sebagai petani Nanas dan Nelayan, yang memiliki bahasa kesehariannya yaitu berbahasa melayu.

"Kampung kami penghasil nenas, dan miliki hutan mangrove yang terjaga dengan baik. Merupakan destinasi wisata baru yang layak untuk di kunjungi," kata dia.

Sebagai daerah penghasil Nenas terbesar di kabupaten Siak, dari tangan ibu-ibu rumah tangga, buah Nenas tersebut selain dijual juga oleh menjadi produk turunan berbahan dasar nenas.

"Nenas kami selain di bawa ke Pekanbaru juga di bawa ke Pulau Jawa. Masyarakat dan UMKM. Juga mengolah Nanas menjadi Makanan Khas seperti Dodol, Selai dan lainnya. Para Wisatawan akan sangat terhibur dengan Desa Wisata Beting Selayang, karena dengan Ekowisata Mangrovenya. Juga dapat bermain di beting Selayang. Beting Selayang merupakan Wisata Pinggir Laut dengan bermain Perahu Kampung,"tutupnya.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index