Jalur Padang- Bukittinggi Bakal Diberlakukan Satu Arah Mulai 19 April 2023

Jalur Padang- Bukittinggi Bakal Diberlakukan Satu Arah Mulai 19 April 2023
Kemacetan arus lalu lintas jalan lintas Padang-Bukittinggi.

PADANG (RIAUSKY.COM)- Demi mengurai kemacetan saat momen mudik dan libur Lebaran 2023, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, bakal memberlakukan sistem satu arah alias one way di Jalur Padang-Bukittinggi.

"Saya selaku Kapolda Sumatera Barat menyampaikan bahwa pada hari H-3 sampai H+3 Idul Fitri 1444 Hijriah kita akan menetapkan 'one way system' jalur lalu lintas mulai dari Padang menuju Bukittinggi dan demikian pula nanti saat kembali dari Bukittinggi ke Padang melalui dua jalur yang berbeda," katanya, Jumat (14/4/2023).

Suharyono mengatakan, tujuan pemberlakuan sistem satu arah untuk mengurangi kemacetan yang biasa terjadi di jalur sepanjang 92 kilometer dari Padang menuju Bukittinggi yang normalnya dua sampai tiga jam itu jika bukan pada Lebaran 2023.

Sementara itu, katanya, saat libur Lebaran biasanya perjalanan dari Padang menuju Bukittinggi bisa ditempuh memakan waktu tujuh sampai 10 jam karena volume kendaraan yang padat.

"Nah inilah yang menjadikan inisiatif dari Polda Sumatera Barat atau Direktorat Lalu Lintas dari hasil analisa dan evaluasi menetapkan 'one way sistem'," katanya.

Ia berharap seluruh masyarakat akan menghormati dan bersama-sama mematuhinya.

"Semoga ide dan konsep dari kepolisian yang didukung forkopimda dihormati masyarakat pengguna jalan," kata dia.

Sebelumnya Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman mengatakan penerapan sistem satu arah itu diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga 16.00 WIB pada hari yang ditentukan.

“Ini sesuai dengan uji coba yang kita lakukan kemarin dan hasilnya cukup bagus serta ada evaluasi yang akan kita bahas bersama,” kata dia.(R02)

Sumber Berita: liputan6.com

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index