Safari Ramadhan di Lima Kabupaten, RAPP dan APR Santuni Ribuan Anak Yatim dan Fakir Miskin

Safari Ramadhan di Lima Kabupaten, RAPP dan APR Santuni Ribuan Anak Yatim dan Fakir Miskin
PT RAPP dan APR memberikan bingkisan kepada tokoh agama berupa bahan baju batik berbahan ramah lingkungan, viscose rayon yang diproduksi oleh APR, belum lama ini. (Sumber Foto: Humas PT RAPP)

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - kepada orang yang tidak mampu atau fakir miskin.

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan produsen viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) memanfaatkan momen Ramadhan untuk saling berbagi kepada  sesama, khususnya  kepada orang yang tidak mampu atau fakir miskin.

RAPP dan APR  menggelar Safari Ramadan 2023  ke ratusan desa di lima kabupaten wilayah operasional perusahaan di Riau untuk menyalurkan bantuan tersebut..

Adapun Inti dari  kegiatan safari dan kunjungan ke desa-desa tersebut juga merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi secara lebih intensif dengan masyarakat dan pemerintah setempat.

Dalam kunjungan itu, RAPP dan APR sekaligus menyalurkan santunan bagi 3.220 anak yatim dan fakir miskin di 158 Desa di lima kabupaten di Riau yaitu Pelalawan, Siak, Kampar, Kuansing dan Kepulauan Meranti.

General Manager Stakeholder Relations (GM SHR) RAPP, Wan Mohd Jakh Anza mengatakan,  total bantuan dana santunan untuk anak yatim dari RAPP dan APR dalam safari Ramadan Provinsi Riau ini mencapai Rp402.500.000.

“Bantuan tersebut diperuntukkan untuk anak-anak yatim di wilayah operasional perusahaan kami, yakni Pelalawan 905 anak,  Kuansing 815 anak, Siak 600 anak, Kampar 490 anak, Kepulauan Meranti 410 anak,” papar Wan Jakh.

Selain itu, grup APRIL ini juga memberikan bantuan paket sembako untuk 300 warga Pangakalan Kerinci.

“Kalau untuk bantuan warga Pangkalan Kerinci tersebut, totalnya Rp35.775.000. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat bagi penerimanya,” sambung Wan. 
Disaksikan oleh Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar dan Wakil Bupati Pelalawan Nasaruddin beserta rombongan, RAPP secara simbolis menyerahkan 300 paket bantuan sembako serta santunan anak yatim dan fakir miskin di Kecamatan Pangkalan Kerinci bertepatan pada saat safari Ramadan Gubri di Kabupaten Pelalawan di masjid M Yunus, Pangkalan Kerinci,  Pelalawan, Rabu (12/4).

Gubri Syamsuar mengatakan bulan Suci Ramadan merupakan momentum yang sangat baik untuk melipat gandakan amalan kepada Allah. 
Salah satunya dengan berbagi harta yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan atau dengan berzakat.  

“Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami mengajak untuk meningkatkan zakat diseluruh daerah baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Dengan taat membayar zakat, akan semakin banyak lagi kaum dhuafa yang dapat terbantu, sehingga meningkatkan kesejahteraan umat. Ini semua kita harapkan dapat membantu fakir miskin. Terutama masyarakat yang termasuk dalam kemiskinan ekstrem,”ujar Syamsuar.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Pelalawan Nasarudin mengapresiasi kontribusi yang telah diberikan oleh PT RAPP kepada masyarakat dalam bentuk bantuan sembako dan santunan anak yatim.

Tindakan ini benar-benar menggambarkan komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan santunan anak yatim dan sembako yang telah diberikan oleh perusahaan telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat kami yang membutuhkan. Kolaborasi yang kuat antara perusahaan dan pemerintah setempat adalah kunci untuk memperkuat kehidupan sosial,’’ ungkap Nasarudin.

Rokimah (75) warga Desa Terusan Baru  mengucapkan rasa syukurnya, karena RAPP bersama Pemkab Pelalawan datang langsung memberikan bantuan kepadanya dan warga lainnya.

“Alhamdulillah saya dan warga lainnya mendapatkan bantuan sembako. Setidaknya beberapa hari ke depan kami bisa mengirit pengeluaran. Karena bantuan yang diberikan RAPP sangat bermanfaat buat saya dan keluarga,” tuturnya. 

Sementara itu pada kesempatan Safari Ramadan Pemkab Kuantan Singingi di Desa Banjar Benai, Kecamatan Benai, Plt Bupati Suhardiman Ambi sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh RAPP dalam memberikan santunan kepada anak yatim. 
Tindakan ini tidak hanya menunjukan kepedulian terhadap mereka yang membutuhkan, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi perusahaan lain.

Selain di Kabupaten Kuansing, RAPP dan APR juga menggelar Safari Ramadan dan membagikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin  di Kabupaten Siak, Kampar dan Kepulauan Meranti.

“Atas nama Pemkab Kuansing, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada PT RAPP atas inisiatif mulia ini. Kami berharap bahwa tindakan ini mejadi inspiratif bagi perusahaan lain yang beroperasi di Kuansing,” kata Suhardiman.

Menjelang Ramadan 2023, RAPP dan APR juga telah menggelar acara silaturahmi dengan tokoh-tokoh agama yang tergabung dalam organisasi Majlis Dakwah Islamiyah (MDI).

MDI beranggotakan Baznas, FKUB, DMI, IKADI, dan beberapa perwakilan mubaligh.

Pada kesempatan tersebut, PT RAPP dan APR bingkisan kepada tokoh agama berupa bahan baju batik dari viscose rayon yang diproduksi oleh APR dan juga paket bantuan kepada masyarakat sekitar operasional. 

Ketua MDI Kabupaten Pelalawan Edi Iskandar menyampaikan bahwa kerjasama antara MDI dan RAPP sudah berlangsung selama 23 tahun dengan menjalankan program-program keagamaan seperti Safari Ramadan hingga mengisi pengajian di Riau Kompleks dan estate-estate RAPP di 5 kabupaten di Provinsi Riau.(*)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index