Wali Kota Dumai Gesa Pengoperasian Pompa Air dan Pemasangan Geobag di Bantaran Sungai Dumai

Wali Kota Dumai Gesa Pengoperasian Pompa Air dan Pemasangan Geobag di Bantaran Sungai Dumai
Wali Kota Dumai H. Paisal, SKM, MARS meninjau progres pengoperasian pintu air di Jalan Siak dan beberapa titik drainase yang menjadi pembuangan air menuju ke laut.

DUMAI  (RIAUSKY.COM)- Wali Kota Dumai H. Paisal meninjau progres pengoperasian pintu air di Jalan Siak dan beberapa titik drainase yang menjadi pembuangan air menuju ke laut. 

Program pintu air yang dicanangkan Wali Kota Dumai dalam tagline Dumai Berkhidmat saat ini mulai menampakkan progres yang cukup bagus.

Fokus utama dari pembangunan pintu dan pompa air yang ada di beberapa titik drainase pembuangan menuju sungai Dumai ini adalah memperlambat air yang naik dan mempercepat air yang turun dari daerah perkotaan seperti jalan dan pemukiman masyarakat. 

Selain pintu dan pompa air yang beroperasi, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas PUPR juga melaksanakan pemasangan geobag di beberapa titik bantaran Sungai Dumai untuk mempertahankan aliran air agar tetap berada di Sungai Dumai dan tidak masuk ke pemukiman maupun akses jalan masyarakat. 

Kabid Sumber Daya Air Wan Rieko Candra, ST  di lapangan mengaku bahwa saat ini progres pintu air di sekitaran Pangkalan Sena yang paling terlihat. 

Debit air yang masuk ketika pasang air laut di wilayah tersebut berhasil dikurangi dan pemukiman masyarakat tidak tergenang seperti biasanya. 

Wali Kota Dumai menginstruksikan kepada Wan Rieko beserta bawahan agar menggesa pemasangan geobag di beberapa titik yang sudah di survei sebelumnya agar debit air yang masuk bisa ditekan. 

Selain itu, H. Paisal juga meminta agar drainase yang menjadi titik pembuangan ke laut bisa dibuatkan pintu air ataupun pembuangannya bisa dialihkan ketempat lain agar ketika pasang air laut, drainase tadi tidak menjadi jalan masuk air ke pemukiman dan jalan yang menjadi akses masyarakat. 

"Saat ini kita sedang berusaha dengan melaksanakan pemasangan geobag di bantaran Sungai Dumai dan pengoperasian pompa sekaligus pintu air agar pasang air laut bisa ditekan debitnya. Ketika air laut naik maka kita bisa perlambat debit yang masuk dan ketika air laut turun kita bisa percepat pembuangannya" Ujar H. Paisal dalam penyampaiannya. 

Beliau terus mengintruksikan kepada dinas PUPR agar terus menggesa program penanggulangan banjir air rob ini agar masyarakat Kota Dumai dapat beraktifitas dengan lancar di setiap bulannya dan tidak terganggu dengan pasang surut air laut.(R10)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index