Dukung Gernas BBI dan BWI

Bersama Pemkab, OJK dan BRK Syariah Jelajah UMKM dan Wisata Kuansing

Bersama Pemkab, OJK dan BRK Syariah Jelajah UMKM dan Wisata Kuansing

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI-BBWI) Riau 2023, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Kantor OJK Provinsi Riau, serta Bank Riau Kepri Syariah (BRKS) Provinsi Riau menyelenggarakan kegiatan touring dengan tema “Jelajah UMKM dan Wisata Kuansing”.

Asisten Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Bidang Perekonomian, Ir. H. Maisir, menyatakan, pihaknya sangat mendukung program jelajah UMKM dan Wisata di Wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat mendorong peningkatan perekenomian di wilayahnya. Di sisi lain, Pemerintah Daerah Kabupateb Kuantan Singingi menyampaikan terima kasih kepada Otoritas Jasa Keuangan dengan Program TPKAD-nya (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah) beserta target-target programnya.

Asisten Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, menambahkan, pihaknya juga berharap program TPKAD yaitu KUR (Kredit Usaha Rakyat), AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) serta AUTS (Asuransi Usaha Ternak Sapi) dapat tercapai sesuai target.

Kegiatan touring yang digagas oleh tiga institusi tersebut ini dilaksanakan dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua menuju sentra UMKM Kampung Batik serta spot wisata di Kabupaten Kuantan Singingi, diantaranya Air Terjun Guruh Gemurai. Peserta touring diantaranya adalah Pimpinan beserta jajaran Pegawai di lingkungan Pemda Kabupaten Kuantan Singingi, OJK, serta BRKS.

Kepala Kantor OJK Provinsi Riau, M Lutfi, pada sambutan pelepasan peserta touring menyampaikan bahwa, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung target Gernas BBI-BBWI Riau 2023, yaitu meningkatnya nilai penjualan UMKM dan perjalanan wisata di Provinsi Riau.

Kantor OJK Provinsi Riau bersinergi dengan pihak-pihak terkait berupaya memperkenalkan kepada masyarakat tentang produk-produk UMKM dan potensi-potensi wisata di Provinsi Riau yang layak dikunjungi. Sebagai informasi, Gernas BBI-BBWI Riau Tahun 2023 ini merupakan program pemerintah dalam rangka untuk mendorong peningkatan ekonomi di daerah, terutama pemberdayaan UMKM / IKM/ Artisan serta pariwisata di daerah.

Direktur Dana dan Jasa Bank PT Bank Riau Kepri Syariah (BRKS), M.A. Suharto, saat di lokasi wisata Air Terjun Guruh Gemurai menyatakan, bahwa BRKS siap bersinergi dengan para pihak, termasuk kolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan yang memberi dampak positif terhadap pemberdayaan UMKM serta promosi daerah wisata di Wilayah Provinsi Riau.

Pembinaan UMKM telah menjadi salah satu program dan menjadi perhatian penuh manajeman BRKS, mengingat akar BRKS adalah dari Tanah Melayu Riau, berkiprah untuk kemajuan Melayu Riau.

Kepala Dinas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Azhar, MM menyatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada OJK dan BRKS, yang telah mendukung kegiatan jelajah UMKM dan Wisata Kuansing. Berharap kegiatan ini dapat menginspirasi masyarakat untuk Berwisata di Kabupaten Kuantan Singingi. Kabupaten Kuantan Singingi memiliki even wisata yang telah menjadi agenda even nasional, yaitu Pacu Jalur.

Dengan kegiatan jelajah UMKM dan Wisata Kuansing ini, berharap masyarakat datang ke Kuantan Singingi bukan hanya saat even Pacu Jalur saja, namun juga berkunjung ke Kuansing menuju destinasi-destinasi wisata lain yang berada di Wilayah Kabupaten Kuantan Singingi. (*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index