Dapat DBH Sawit Rp83,13 Miliar, Gubernur Riau: Belum Sesuai HarapanI

Dapat DBH Sawit Rp83,13 Miliar, Gubernur Riau: Belum Sesuai HarapanI
Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar menyambut antusias kebijakan pemerintah melalui Kementerian Keuangan untuk menyalurkan Dana Bagi Hasil kelapa sawit.

"Ini bentuk perjangan kita bersama para Gubernur penghasil sawit di Indonesia," kata Gubri Syamsuar, Ahad (17/9/23) dalam keterangannya dikutip dari laman mediacenterriau.  

Dengan perolehan pembagian sebesar Rp83,13 miliar, Gubernur Riau Syamsuar mengaku kalau jumlah tersebut belumlah ideal, alias belum sesuai harapan.

Apalagi, dengan asumsi bahwa jumlah produksi kelapa sawit di Provinsi Riau masih sangat besar, bahkan berlimpah dan menjadi salah satu penyumbang devisa bagi negara.

Karena itulah, Syamsuar pun menjelaskan kalau dia  akan membicarakan hal serupa kembali bersama kepala daerah penghasil sawit lainnya di Indonesia.

"Mudah-mudahan nanti akan ada lagi perbincangan lagi oleh para gubernur penghasil sawit dengan menteri keuangan. Sehingga hasil yang didapat sesuai dengan potensi daerah masing-masing," papar Syamsuar.

Saat ditanya berapa besaran ideal yang harus diterima Riau, Syamsuar mengatakan belum bisa memastikan. Pasalnya, pusat sendiri tidak pernah melibatkan daerah penghasil soal perhitungan DBH.

"Kita belum tahu berapa idealnya, karena kita juga tak pernah diajak berhitung. Seperti apa, bagaimana formulanya," ungkap Syamsuar lagi.

Karena itu, Syamsuar pun mengharapkan pusat lebih terbuka akan DBH ini. Sehingga apa yang sudah diperjuangkan bersama kepala daerah penghasil sawit di soal DBH itu, bisa sesuai dengan harapan.

"Tapi yang jelas kita harap ada keterbukaan dari pusat. Sehingga daerah pun tahu hitungannya seperti apa. Dengan begitu kita pun dapat mencapai hasil yang kita harapkan," harap Syamsuar.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index